Laporkan Masalah

Pengaruh bentuk musik iklan terhadap recall merek produk

DWIJAYA, Victor Panji, Prof. Dr. Thomas Dicky Hastjarjo

2010 | Tesis | S2 Magister Sains Psikologi

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengkaji pengaruh bentuk musik dalam iklan terhadap recall merek produk melalui tiga perlakuan yaitu jingle, background music, dan tanpa musik. Rancangan eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Randomized Post Test Only Control Group Design dengan tiga kelompok yang memperoleh perlakuan mendengar serangkaian iklan dalam bentuk yang berbeda (jingle, background music, dan tanpa musik). Recall merek produk diukur dengan menggunakan tes recall. Subjek pada penelitian ini adalah 90 mahasiswa putri Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada yang dipilih secara random. Analisis data menggunakan Analisis Variansi 1-Jalur dan prosedur LSD. Hasil analisis data menggunakan Analisis Variansi 1-Jalur menunjukkan bahwa hipotesis terbukti dengan F = 3,403 dan p = 0,038. Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh bentuk musik dalam iklan terhadap recall merek produk Hasil analisis lanjutan dengan LSD untuk membandingkan efektivitas jingle dan tanpa musik untuk meningkatkan recall merek produk menunjukkan beda mean (MD) = 0,767 dan p = 0,021. Hasil tersebut menunjukkan bahwa iklan dalam bentuk jingle menghasilkan recall merek produk yang lebih tinggi dibandingkan dengan iklan tanpa musik. Hasil analisis lanjutan dengan LSD untuk membandingkan efektivitas background music dan tanpa musik untuk meningkatkan recall merek produk menunjukkan beda mean (MD) = 0,700 dan p = 0,034. Hasil tersebut menunjukkan bahwa iklan dalam bentuk background music menghasilkan recall merek produk yang lebih tinggi dibandingkan dengan iklan tanpa musik. Hasil analisis lanjutan dengan LSD untuk membandingkan efektivitas jingle dan background music untuk meningkatkan recall merek produk menunjukkan beda mean (MD) = 0,067 dan p = 0,838. Hasil tersebut menunjukkan bahwa iklan dalam bentuk jingle maupun background music sama – sama efektif untuk meningkatkan recall merek produk.

This experimental research was aimed to analyze the influence of music form in advertising to brand name recall through three treatments which were jingle, background music, and no music. Experiment design was Randomized Post Test Only Control Group Design with 3 groups that got different treatment of hearing series of advertising (jingle, background music, and no music). Data collection was done by using recall test. Subjects of the research were ninety women students Faculty of Psychology Gadjah Mada University which were randomly. Data were analyzed by using one-way anova and LSD procedure. The result of one-way anova showed that the hypothesis is proven by F =3,403 , and p=0,038 which means there is influence of music form in advertising to brand name recall. Further analysis using LSD to compare jingle and no music showed mean difference (MD) = 0,767 and p = 0,021 showed that there is significant difference between jingle and no music. Jingle produced greater brand name recall recall than no music. Comparison between background music and no music showed mean difference (MD) = 0,700 and p = 0,034 showed that there is significant difference between background music and no music. Background music produced greater brand name recall than no music. Comparison between jingle and background music showed mean difference (MD) = 0,067 and p = 0,838 showed that there is no significant difference between jingle and background music, which means either jingle or background music had a great influence to improve brand name recall.

Kata Kunci : Recall merek produk,Musik dalam iklan,Jingle,Background music,Tanap musik,brand name recall, music in advertising, jingle, background music, no music


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.