Transformasi politis filmisasi sastra Indonesia :: Kajian ekranisasi cerpen Lintah dan Melukis Jendela ke dalam film Mereka Bilang, Saya Monyet karya Djenar Maesa Ayu dalam perspektif posmodernisme Hutcheon
SUSENO, Prof. Dr. Siti Chamamah-Soeratno
2010 | Tesis | S2 SastraMereka Bilang, Saya Monyet! (selanjutnya disingkat MBSM) merupakan film yang diangkat dari dua cerpen, yaitu Lintah dan Melukis Jendela. Keunikan dalam transformasi tersebut adalah dua ke dalam satu, dua cerita ke dalam satu cerita. Hasilnya adalah sebuah film posmodern dan kaya akan perubahan signifikan. Penelitian berjudul “Transformasi Politis Filmisasi Sastra Indonesia: Kajian Ekranisasi Cerpen Lintah dan Melukis Jendela ke dalam Film Mereka Bilang, Saya Monyet! Karya Djenar Maesa Ayu dalam Perspektif Posmodernisme Hutcheon†ini berusaha mendeskripsi perubahan-perubahan yang ada serta mengkaji aspek ideologis-politis dari perubahan yang tersebut. Teori ekranisasi yang diungkapkan Eneste (1991) menyebutkan bahwa dalam pelayarputihan akan selalu muncul perubahan-perubahan. Ekranisasi juga diartikan sebagai proses perubahan. Perubahan yang mungkin terjadi dalam ekranisasi adalah penciutan/pemotongan, penambahan, serta perubahan dengan variasi. Teori tersebut digunakan untuk menemukan perubahan-perubahan yang muncul dalam transformasi karya yang menjadi objek materi dalam penelitian ini. Selanjutnya dengan perspektif posmodernisme Hutcheon (1991), penelitian dilanjutkan untuk mengkaji aspek ideologis-politis dalam representasi yang ada. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, perubahan signifikan yang muncul dalam transformasi karya tersebut meliputi perubahan tokoh utama dari kecil menjadi besar, penciptaan tokoh-tokoh baru, perubahan karakter tokoh, perubahan latar cerita, serta perubahan alur cerita. Kedua, transformasi tersebut menghasilkan sebuah film posmodern. Posmodernitas film tersebut hadir dalam bentuk fragmentasi alur dan dualitas karakter tokoh utama. Ketiga, film MBSM, melalui representasi posmodernismenya, merupakan konter dominasi kekuasaan dari yang kuat terhadap yang lemah. Keempat, film MBSM menyerukan suara ideologi: penerobosan idealitas, penerobosan norma, serta pelarian dari beban masa lalu yang menghantui. Kelima, film MBSM merupakan respons terhadap wacana ‘sastra perkotaan’. MBSM, dengan representasinya, telah menyuarakan bahwa kenormalan atau idealitas merupakan produk kultural yang kerap digunakan sebagai pelabelan serta pelanggengan dominasi dan kekuasaan. Oleh karena itu, perlu ada penerimaan terhadap cara pandang yang berbeda sehingga tidak ada pengkutuban ideal-tidak ideal dan salah-benar.
Mereka Bilang, Saya Monyet! (later on abbreviated to MBSM) is a film raised up from two short stories, they are Lintah and Melukis Jendela. A uniqueness in such transformation is two stories becoming a story. The result of such transformation is a postmodern film and full of significant changes. This research entitled “Political Transformation of Indonesian Literature Filmization: An Ecranisation Study on Lintah and Melukis Jendela Short Stories into Mereka Bilang, Saya Monyet! Film by Djenar Mahesa Ayu in Hutcheon’s Postmodernism Perspective†tries to describe and to exploit existing changes in the transformation and to study ideological-political aspects from those changes as well. Ecranisation theory expressed by Eneste (1991) shows that filmization always emerges changes. Ecranisation is also meant by changing process. The changes might happening in ecranisation is reducing or cutting, adding, and varied changes as well. This theory is used to find out the changes emerging in work transformation becoming material object in this research. By Hutcheon’s postmodernism perspective, this research then continues to study ideological-political aspects in existing representation. The results of this research are, first, the presentation of significant changes in the transformational work including the changes of main character’s childhood into adulthood, the creation of new characters, the changes of characters’ characteristics, the changes of story setting, and plot. Second, these transformations produce a postmodern film. The postmodernity of the film presents in its fragmented plot and the dualities of main characters’ characteristics. Third, MBSM film, through its postmodernism representation, is a counter to power domination from the stronger toward the weaker. Fourth, MBSM film proclaims voices of ideology: an ideality breakthrough, a norm breakthrough, and an escape from a haunted past burden. Fifth, MBSM film is a response of ‘cosmopolitan literature’ discourse. MBSM, with its representation, has uttered that normality or ideality is cultural product, which is occasionally used for labeling and perpetuating domination and power. Therefore, an acceptance toward different way of seeing so that there are no polarizations of ideal-not ideal and of right-wrong is necessary.
Kata Kunci : transformasi, ekranisasi, filmisasi, ideologi, dan politik posmodernisme, sastrawangi, transformation, ecranisation, filmization, ideology, and postmodernism politic, fragrant literature