Analisis strategi bersaing PT Jasa Marga (Persero) Tbk
ADRIAN, Rindo, Fahmi Radhi, Dr., MBA
2009 | Tesis | S2 Magister ManajemenPenelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi bersaing PT. Jasa Marga (Persero) Tbk dalam menghadapi persaingan bisnis jalan tol; untuk menganalisis faktor-faktor kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi; serta untuk mengidentifikasi Key Succes Factor Perusahaan. Hasil analisis SWOT pada penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi bagi PT. Jasa Marga untuk menyesuaikan sumber daya dan kapabilitas yang dimiliki terhadap kondisi lingkungan kompetitifnya. Analisis dalarn penelitian juga dapat digunakan untuk memeta.kan posisi strategik perusahaan pada lingkungan tersebut. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer yang merupakan basil dari wawancara dengan pihak manajemen PT. Jasa Marga. Sedangkan data sekunder diambil dari data internal dan studi literatur. Data tersebut meliputi kondisi lingkungan industri, lingkungan internal dan lingkungan eksternal perusahaan yang dianalisis dengan menggunakan beberapa alat analisis manajemen strategik, antara lain ana/isis strategi generik model Porter, ana/isis SWOT, dan identijikasi Key Success Factor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Jasa Marga menggunakan strategi bersaing keunggulan biaya menyeluruh dalam menghadapi persaingan. Hasil implementasi strategi tersebut masih efektif hingga saat ini. Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa Perusahaan dapat menggunakan kekuatan internalnya guna mengambil keuntungan dari peluang eksternal, mengatasi kelemahan internal, dan menghindar dari ancaman ekstemal. Dalarn mengantisipasi perubahan di masa yang akan datang, hal yang perlu dilakukan PT. Jasa Marga adalah terus memaksirnalkan dan mengevaluasi faktor-faktor kunci keberhasilan yang dimiliki. Hasil analisis menunjukkan bahwa posisi strategik PT. Jasa Marga mempunyai peluang untuk tumbuh secara agresif. Kata-kata kunci : manajemen strategik, strategi bersaing, ana/isis SWOT, Key Success Factor.
The objectives of this research are to evaluate the competitive strategy of PT. Jasa Marga (Persero) Tbk in toll road business; to analyze its strengths, weaknesses, opportunities, threats from the environment; and to identify company's Key Success Factor. The result of SWOT analysis in this study is expected could be used to inform PT. Jasa Marga in adapting its resources and capabilities with the condition of competitive environment. This research is also a guideline for company's strategic positioning. The data used in this research are both primary and secondary data. Primary data is taken from interview with the management team of PT. Jasa Marga. Then, internal data and other literature used as secondary data. It is about the condition of industry's environment, company's internal environment and external environment. The data is analyzed using the strategic management analysis instruments, which are Porter's Generic Strategies Analysis, SWOT Analysis, and Key Success Factor identification. The results of this research recognize that PT. Jasa Marga uses overall cost leadership strategy to win the competition and it is still effective at present. SWOT analysis shows that PT Jasa Marga could use its internal strengths to gain the advantages from external opportunities, to handle the internal weaknesses, and to avoid from external threats. To anticipate the future trends, PT. Jasa Marga has to maximize and keep doing evaluation to its key success factors. The results show that the strategic position of PT.Jasa Marga potents to growth aggressively. Key words: strategic management, competitive strategy, SWOT analysis, Key Success Factor.
Kata Kunci : Manajemen strategik,Strategi bersaing,Analisis SWOT,Key success factor