Pengelolaan situs fotografer.net sebagai refleksi penerapan web 2.0 dalam perkembangan new media
PRIBADI, Iwan, Drs. Nunung Prajarto, M.A., PhD
2009 | Tesis | S2 Ilmu KomunikasiPerkembangan teknologi komunikasi dewasa ini semakin terasa pesat sekali, khususnya Internet sebagai suatu new media yang mengalami peningkatan jumlah pengguna yang luar biasa cepatnya, terutama semenjak diperkenalkannya apa yang disebut World Wide Web, yang setelah mengalami apa yang disebut dot com bubble dan dot com burst, akhirnya saat ini mengalamai apa yang dikenal dengan konsep Web 2.0 pada tahun 2004, atau beberapa pihak menyebutnya living Web, Hypernet, active Web, atau read/write Web, yang merupakan titik balik terhadap bagaimana membangun dan memelihara suatu web, sehingga peranan-peranan penting dari sebuah web yang pada masa sebelum munculnya Web 2.0 tidak terlalu diperhatikan, sehingga pada masa itu web tidak sedinamis, seinteraktif, dan se-aksesibel setelah dikenalnya Web 2.0. Untuk itu maka dipilihlah situs Fotografer.net yang merupakan sebuah situs komunitas fotografi yang lahir di Yogyakarta sekitar tujuh tahun yang lalu dijadikan obyek penelitian studi kasus untuk mengamati: Bagaimana pengelolaan situs Fotografer.net sebagai refleksi penerapan Web 2.0 dalam perkembangan new media? Dengan melakukan pengamatan terhadap situs Fotografer.net, dan melakukan wawancara dengan para pendiri, pengurus, dan beberapa orang yang menjadi anggota situs ini, diperoleh penjelasan bahwa sesungguhnya ide dasar dari situs ini ditujukan dari, oleh, dan untuk komunitas fotografi, terutama dari sisi penyediaan content situs tersebut, atau yang lebih sering dikenal dengan user-generated content. Berdasarkan ide dasar tersebut, maka pendiri dan pengurus Fotografer.net membuat sebuah sistem dan aturan, guna mengkondisikan para anggota agar tidak hanya menjadi konsumen situs ini, tapi turut serta pula menyediakan content yang kelak dapat dinikmati bersama anggota-anggota lainnya. Dari sini dapat disimpulkan bahwa pengelolaan sebuah Web yang menggunakan konsep Web 2.0 sesungguhnya tidak hanya berhenti ditataran teknologi pembuatan dan penyuguhan informasi dalam sebuah halaman situs saja, namun juga perlu diperhatikan bagaimana interaksi sosial antara pengurus situs dengan para pengaksesnya, dan antara sesama pengaksesnya, sehingga mereka mau berperan serta menjadi anggota dan turut memberi sumbangan bagi perkembangan situs tersebut, terutama dengan turut memberi content yang lebih bermanfaat bagi para pengakses situs yang bersangkutan.
Nowadays, the advance of communication technology is very rapid. Particularly it can be seen in the progress of internet technology as a new medium. Since the introduction of “World Wide Webâ€, until the rise of phenomenon leads to what so called “dot com bubble†that happened in the beginning of 2000, and followed by “dot com burstâ€. Later on, in 2004, a new concept named Web 2.0 was introduced. This concept was also known as living Web, Hypernet, active Web, or read/write Web. Web 2.0 became the starting point of in building and maintaining a web in order to empower the potentials of the web. As a result, the webs in the post 2.0 web era become more dynamic, interactive, and accessible than the previous ones. That is the reason why Fotografer.net, a site for photographer community that established in Yogyakarta seven years ago, was choosed as the object for this research, to analyze: How Fotografer.net runs its site as a reflection of Web 2.0 concepts application in the development of new media? After doing some observation and interviewing the founders of fotografer.net, the officer of fotografer.net, and also some of this site members, it explain that this site is from, by, and for the member, especially in providing the content of this site, or well-known as user-generated content. In order to make that idea works, the administrator and the fouder of this site, build the system and rules, that will encourage members not only consume the site, but also participate to provide the content for this site. This thesis takes fotografer.net as the object of the study. The observation on this site will focus on two things. First is how the concept of Web 2.0 is applied in the website daily operation, and second is how the roles of the users and the owners of this website in maintaining and building the site into better condition.
Kata Kunci : Internet,New media,World wide web,Web 20,User,generated content