Analisis strategi PT Bali Tourism development corporation BTDC untuk menghadapi persaingan global pada industri pariwisata
SULASA, I Made, Agus Setiawan, Dr., M.Soc.Sc
2009 | Tesis | S2 Magister ManajemenPerkembangan industri pariwisata dewasa ini mengalami dinamika perubahan yang cepat seiring dengan arus globalisasi. Hal ini akan berpengaruh terhadap manajemen strategi yang diterapkan oleh perusahaan PT BTDC untuk memenangkan persaingan yang semakin tajam pada industri pariwisata. Untuk itu perusahaan perlu melakukan analisis terhadap faktor-faktor eksternal dan internal yang mempengaruhi pengambilan keputusan strategi perusahaan, serta melakukan evaluasi apakah strategi yang diterapkan selama ini masih sesuai dengan perubahan dan perkembangan lingkungan yang terjadi. Analisis untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan strategi tersebut adalah dengan cara menganalisis lingkungan eksternal yang mencakup analisis lingkungan makro, yakni pengaruh dari faktor politik dan hukum, ekonomi, teknologi dan sosial budaya, lingkungan, serta demografi seperti yang dikemukakan oleh David (2005) serta analisis persaingan dalam lingkungan industri berdasarkan five competitive forces dari Porter (1980). Kemudian dilakukan analisis lingkungan internal perusahaan untuk mengetahui sumber daya dan kapabilitas perusahaan sebagai keunggulan bersaing dengan menggunakan analisis rantai nilai. Setelah melakukan analisis lingkungan eksternal dan internal perusahaan, maka kemudian dapat diidentifikasi mengenai kekuatan (strength) dan kelemahan (weakness) yang dimiliki perusahaan serta peluang (opportunity) dan ancaman (threat) yang dihadapi perusahaan. Key success factors perusahaan dapat juga didefinisikan berdasarkan dari analisis terhadap lingkungan eksternal perusahaan. Dari hasil analisis-analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa strategi yang cocok dan sesuai diterapkan oleh perusahaan PT BTDC adalah strategi best-cost provider. Strategi ini adalah gabungan dari strategi low cost dengan strategi diferensiasi yang bertujuan memberikan nilai tambah kepada konsumen terhadap produk yang mereka beli.
Tourism industry has been moving and changing so fast in this globalisation era. Indeed, the condition will affected the strategy of PT. BTDC so as to be able to win the competition in tourism industry. Therefore, the company needs to do internal and external analysis of the factors that influence the development of strategy in the company. Other than that, the company needs to evaluate whether the strategy that has been implemented still compatible with the change and development in its environment. To know what factors that influence the development of strategy in PT. BTDC, the researcher did an external environment analysis. This includes makro environment analyses, which are the influence of politic and law, economic, technology and social cultural, environment, and demography (David, 2005). Other than that, a competitive analysis in industry environment, which is known as five competitive forces (Porter, 1980), is also needed. After that, the researcher did an internal environment analysis to know whether the resources and company capability can be used as the competitive advantage. This is done with value chain analysis. After having the external environment and internal company analysis done the researcher would be able to know the strength and weakness of the company as well as the opportunity and threats that are faced by the company. The company’s key success factors could be defined based on external environment analysis. From those analyses, it can be concluded that the strategi that is fit to be applied by PT. BTDC is best-cost provider strategy. This strategy is a combination of low cost strategy and differentiation strategy which intended to give extra values for its consumers to the products they have bought.
Kata Kunci : Strategi bersaing,Persaingan global,Industri pariwisata,PT BTDC, competitive strategy, global competition, tourism industry, PT BTDC