Laporkan Masalah

Analisis positioning sikap konsumen terhadap atribut merek dan perilaku konsumen Caesar Resto dan Cafe

HENDARMAN, Michael, Ike Janita Dewi, Dr., MBA

2009 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Penelitian ini membahas fenomena yang terjadi di dunia malam yang berhubungan dengan karakteristik konsumen, kegiatan pemasaran, sikap konsumen, persepsi konsumen, atribut merek, dan perilaku konsumen. Peneliti mencoba menganalisis kuesioner yang diperolehnya di Yogyakarta, dengan total 101 kuesioner (purposive sampling) peneliti mengkuantifikasikannya menggunakan skala likert dan mengolah data tersebut menggunakan software SPSS 15.0. Hasil yang didapat digunakan untuk menganalisis secara deskriptif mengenai atribut merek Caesar Resto & Cafe, memetakan persepsi pelanggan atas ketiga merek kafe yaitu Caesar, Liquid dan Boshe, dan melakukan analisis regresi sederhana untuk mengetahui hubungan sikap terhadap perilaku konsumen Caesar Resto & Cafe. Hasil penelitian secara deskriptif mengenai sikap pelanggan terhadap atribut merek Caesar Resto & Cafe menggambarkan bahwa adanya sikap positif pelanggan terhadap atribut merek Caesar Resto & Cafe. Hasil penelitian persepsi pelanggan terhadap beberapa kafe di Yogyakarta menggambarkan positioning Caesar Resto & Cafe yang uggul terhadap Boshe VVIP Club pada dimensi harga dan promosi, namun sebaliknya pada dimensi pelayanan Caesar Resto & Cafe tidak unggul dibandingkan Boshe VVIP Club. Dibandingkan dengan Liquid Next Generation, Caesar Resto & Cafe unggul dalam dimensi pelayanan, dan tidak unggul dalam dimensi harga & promosi. Hasil dari analisis regresi sederhana adalah sikap konsumen Caesar Resto & Cafe tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumen Caesar Resto & Cafe berdasarkan frekuensi kunjungan dalam 1 bulan, rata-rata pengeluaran atau belanja setiap kunjungan, dan rata-rata waktu yang dihabiskan setiap kunjungan. Hal tersebut terjadi dikarenakan ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi seperti suasana yang terbangun (ambience), pelayanan yang diberikan oleh pelayan wanita seperti ladies escort dan GRO (Guest Relations Officer), program acara yang dibentuk, jumlah tamu wanita yang ada, dan jumlah teman yang dibawa oleh pelanggan.

This research discuss about the phenomenon happened in night live entertainment world related to consumer’s characteristic, marketing activity, consumer behaviour, consumer perception, and brand attribute. The researcher tries to analyze data gathered from the questionnaires distributed in Yogyakarta with total of 101 respondents (purposive sampling). Likert-scale is used to quantify the data using SPSS 15.0. The result used to analyze descriptively regarding Caesar Resto and Cafe’s Brand attributes, mapping of customer perception about three different cafe’s brand which were Caesar, Liquid, and Boshe. Simple regression has been done to analyze the correlation between attitudes to consumer behaviour. The research showed that customer perception toward several cafes in Yogyakarta illustrates superior positioning of Caesar Resto and Cafe compare to Boshe VVIP Club in term of price and promotion, on the other way around Caesar’s Resto and Cafe services still inferior compare to Boshe VVIP Club. The descriptive analysis showed that there is a positive customer attitudes toward Caesar Resto and Cafe brand attribute. In comparison with Liquid Next Generation, Caesar Resto and Cafe still ahead in term of service, but inferior compare to Liquid in term of price and promotion. The result of Simple Regression Analysis showed that the attitude of Caesar Resto and Cafe’s customers has no influence to their behavior based on duration of visit in one month, average expenditure in single visit, and the average spending time. Those phenomenon happened because of some other factors influence, such as: the ambience, services by the lady escort, and GRO (Guest Relations Officer), the event programs, ladies guests, and the number of customers companion.

Kata Kunci : Kafe,Merek,Atribut merek,Positioning,Perilaku konsumen konsumen,Sikap,Persepsi pelanggan,Cafe,Merck,Merck attribute,positioning,consumer behavior, attitude,consumer perception.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.