Laporkan Masalah

Analisis strategi bersaing PT Suzuki Indomobil Motor dalam mendukung kebijakan dasar 2009 melalui kinerja pemilihan dan penilaian pemasoknya

LUBIS, Andre Mozart, Agus Setiawan, Dr., M.Soc.Sc

2009 | Tesis | S2 Magister Manajamen

Tidak seperti industri mobil, industri sepeda motor adalah sebuah industri Asia, dimana sekitar 90 persen dari produksi dan marketnya terkonsentrasi di Asia (Ohara, Sato 2008). Dengan memburuknya kondisi ekonomi dunia, terutama di industri otomotif, dunia khususnya industri mobil, seharusnya industri sepeda motor dapat membantu penjualan untuk setidaknya menjaga kestabilan perusahaan, sehingga yang tetap meraih profit melalui penjualan motor overseas-nya terutama di Asia, “the motorcycle business has a certain tougness against economic uncertainties” dari pernyataan tersebut dapat diambil kesimpulan, bahwa agar dapat survive dari krisis global, salah satu caranya adalah penjualan sepeda motor domestik harus ditingkatkan. Procurement mempunyai peran penting dalam mendukung strategi untuk menghadapi krisis ini, Suzuki Motor Corporation telah membuat berbagai usaha untuk mempromosikan pengembangan suatu sistem untuk tetap menjamin laba, walaupun penjualan yang terus menurun dengan menerapkan cost reduction yaitu dengan “pengurangan 1 gram dan pengurangan biaya 1 yen per komponen”, menekan pengeluaran biaya tetap dengan cara “aktivitas pengurangan biaya internal” dan menelaah lebih jauh organisasi dan juga sistem yang ada disemua ana perusahannya. Pemilihan dan penilaian pemasok adalah satu elemen penting yang mempunyai peran strategis dalam mendukung strategi perusahaan, terutama terkait cost reduction.

Unlike the car industry, motorcycle industry is an industry of Asia, where about 90 percent of the production and market is concentrated in Asia (Ohara, Sato 2008). With the worsening global economic conditions, particularly in the automotive industry, especially the automobile industry, motorcycle industry should help sales to at least maintain the stability of the company, so that able to gain profit through the sale of its motorcycles overseas especially in Asia, "the motorcycle business has a toughness against certain economic uncertainties "of the statement can be concluded, that in order to survive the global crisis, one way is the domestic motorcycle sales must be increased. Procurement has an important role in supporting strategies to deal with this crisis, Suzuki Motor Corporation has made various efforts to promote the development of a system to continue to ensure profits, although sales continued to decline, by implementing cost reduction "reduction of 1 gram and 1 yen reduction in costs per components ", pressing the fixed expenses on an" internal cost reduction activities "and further examine the organization and also the existing system in all of its subsidiaries. The selection and assessment of suppliers is an important element that has a strategic role in supporting the company's strategy, particularly related to cost reduction. Keywords:

Kata Kunci : Procurement,Cost reduction,Pemasok


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.