Laporkan Masalah

Analisis strategi bersaing PT Indomobil Sukses Internasional

HASIBUAN, Muhammad Rizal Umar, Budi Santoso, Dr., M.Bus

2009 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Volume penjualan Suzuki yang terus meningkat pada beberapa tahun belakangan ini ternyata tidak diikuti dengan kemampuannya untuk mempertahankan market share pasar mobil nasional. Penurunan market share di saat volume penjualan mobil nasional sedang mengalami peningkatan yang cukup tinggi adalah suatu indikasi ketidakmampuan Suzuki dalam memanfaatkan peluang pasar yang ada. Perusahaan perlu mengevaluasi kembali strategi bersaingnya pada saat ini, sehingga dapat diformulasikan kembali strategi bisnis yang seharusnya diterapkan Suzuki pada masa yang akan datang, sehingga perusahaan dapat memaksimalkan volume penjualannya dan untuk mengatasi masalah penurunan market share pada beberapa tahun belakangan ini. Untuk dapat memformulasikan kembali strategi bisnis Suzuki pada masa yang akan datang, maka dilakukan analisis: 1. Analisis lingkungan eksternal, untuk mengetahui peluang dan ancaman yang ada, sehingga dapat diidentifikasi Key Success Factors apa saja yang dapat mempengaruhi bisnis perusahaan pada saat ini dan akan datang. 2. Analisis lingkungan internal, untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan perusahaan, sehingga dapat diidentifikasi keunggulan kompetitif yang dimiliki perusahaan didalam industri. 3. Analisis Matriks Boston Consulting Group (BCG) untuk mengidentifiksi portofolio bisnis perusahaan yang disesuaikan dengan posisi pangsa pasar relatif dan tingkat pertumbuhan industri dari masing- masing divisi relatif terhadap divisi lain. Hasil dari analisis tersebut adalah: untuk dapat meningkatkan kembali market share Suzuki, perusahaan dapat memaksimalkan volume penjualannya dengan lebih keras lagi melakukan strategi intensif (intensive strategies), yaitu dengan melakukan penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk. Strategi joint venture dan intergrasi (ke belakang dan ke depan) yang telah dijalankan harus tetap dilanjutkan Suzuki untuk dapat meningkatkan kompetensi perusahaan didalam industri.

Suzuki’s sales volumes have been growing recently. The success is not only followed by its ability to maintain the market share in national automobile market. The declining of market share, while the national automobile market is growing rapidly, becomes an indication the unableness of Suzuki in making the best use of the market opportunity. The company needs to evaluate the competitive strategy so it can formulate the up-to-date business strategy that should be applied for the future benefit so the company can maximize sales volume. Besides, the company can also solve the declining of market sha re. To formulate the business strategy, the company needs to do: 1. External environment analysis to find out the opportunity and threat, so the company can identify the Key Success Factors that can bring effects for the business now and in the future. 2. Internal environment analysis to find out the strength and weakness for identifying competitive advantages of the company. 3. Boston Consulting Group Matrix Analysis to identify the company’s business portfolios adjusted to relative market segment and industry growth of each relative division toward other division. The result of the analysis is to increase the market share, Suzuki can maximize the sales volume by applying intensive strategy, that is by doing market penetration, market development, and product development. Joint venture strategy and integration (forward or backward) that have been applied, still can be done to increase the company’s competency in automobile industry.

Kata Kunci : Analisis lingkungan eksternal,Analisis lingkungan internal,Key success factor,Keunggulan kompetitif,Analisis matriks BCG,Strategi bersaing,external environment analysis,internal environment analysis,key success factors,competitive advantages,BCG matrix an


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.