Laporkan Masalah

Strategi bersaing PT Rizky Ayu dalam industri kerajinan tangan batik berbahan dasar kayu

ALFIAWAN, Dedy, Amin Wibowo, Dr., MBA

2009 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Salah satu industri UMKM kerajinan tangan di Yogyakarta adalah industri kerajinan tangan produk batik berbahan dasar kayu. Industri kerajinan tangan yang biasa dikenal produk wooden batik, memiliki tingkat persaingan yang sangat ketat. Ini terjadi akibat adanya krisis keuangan global yang membuat para produsen mengalami penurunan penjualan. PT Rizky Ayu adalah salah satu produsen produk kerajinan tangan batik berbahan dasar kayu. Peningkatan persaingan dan penurunan kondisi ekonomi telah memberi efek negatif bagi perusahaan.Penelitian menggunakan studi kasus deskriptif. Topik adalah strategi bersaing PT Rizky Ayu dalam menghadapi persaingan antar produsen produk kerajinan tangan wooden batik yang sangat kompetitif. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara dengan pelaku usaha, observasi lapangan atau partisipan, dan dari media serta artikel terkait. Metode analisis data adalah relying on theoritical propositions. Alat analisis yang digunakan adalah lima kekuatan Porter, faktor kritis eksternal, rantai nilai, dan key success factor.Hasil penelitian mengungkapkan bahwa perusahaan memiliki kompetensi inti pada desain dan produksi produk kerajinan tangan untuk pasar ekspor. Masalah dasar adalah minimnya diferensiasi produk dengan kompetitoryang membuat,persaingan harga tidak dapat dihindari. Akan tetapi, potensi perbaikan tentang produk yang mempunyai diferensiasi tetap besar. Aspek kualitas pun masih memberikan posisi yang baik bagi perusahaan. Kondisi penjualan akan berubah yaitu adanya peningkatan pesanan dari luar negeri seiring dengan pemulihan ekonomi. Strategi yang sebaiknya diambil adalah diferensiasi.

One of the SMEs handicraft industry in Yogyakarta is the wooden batik handicraft industry. Handicraft industry that commonly known as wooden batik products, have a high levels of a competition. This is the result from the global financial crisis that made the producers sales decline. PT Rizky Ayu is one of the producers of batik handicraft made from wood. Increased competition and declining economic conditions have a negative effect for the company.This research is using a descriptive case study. Topics are PT Rizky Ayu competing strategies in the face of competition between producers of wooden handicraft products that are highly competitive. Research data collected through interviews with business actors, participant observations or field observations, and from the media and related articles. The method of data analysis is relying on theoretical propositions. Analysis tools used is the Porter's five forces, the critical external factors, value chain, and key success factors. The results revealed that the company has a core competencies in design and production of handicraft products for export markets. Basic problem is the lack of product differentiation. So price competition among competitor can not be avoided. However, the potential improvement of product differentiation has remained large. Aspects of quality still provide a good position for the company.Sales conditions will change with an increase in orders from abroad in line with economic recovery. The differentiation strategy is should be taken.

Kata Kunci : Strategi bersaing, Rizky Ayu, Kerajinan tangan, Pasar menurun, Persaingan, Diferensiasi, competitive strategy, , handicrafts, declining markets, competition, differentiation


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.