Evaluasi strategi perusahaan asuransi sosial :: Studi kasus pada PT Jasa Raharja (Persero)
DIRGANTORO, Aries, Bambang Riyanto LS, Dr., MBA
2009 | Tesis | S2 Magister ManajemenAsuransi adalah salah satu bentuk pengendalian risiko yang dilakukan dengan cara mengalihkan/transfer risiko dari satu pihak ke pihak lain dalam hal ini adalah perusahaan asuransi. Perusahaan asuransi memberikan jasa perlindungan terhadap kekayaan dan atau jiwa/raga sesorang dengan imbalan premi. Jika timbul peristiwa yang mengakibatkan kerugian bagi tertanggung, perusahaan asuransi akan membayar ganti kerugian atau santunan sesuai dengan polis atau ketentuan undang-undang. Perkembangan industri asuransi tidak terlepas dari perkembangan ekonomi dan teknologi dalam kehidupan manusia, dimana dengan semakin terbatasnya sumbersumber kebutuhan manusia dalam usaha untuk meningkatkan kemakmurannya, bertambah besar pula usaha manusia untuk mengamankan baik atas diri maupun harta bendanya dari peristiwa-peristiwa yang dapat menimbulkan kerugian atau menyebabkan gangguan dalam mencapai tujuan hidup mereka. Studi ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang telah diimplementasikan oleh perusahaan asuransi dalam menghadapi perubahan lingkungan yang berjalan dengan cepat dan memformulasikan strategi yang tepat guna mempertahankan eksistensi perusahaan. PT Jasa Raharja (Persero) sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang penyelenggaraan asuransi sosial tidak terlepas dari tuntutan perubahan tersebut dan dituntut untuk memformulasikan strategi korporat yang tepat untuk mempertahankan eksistensinya. Penelitian dimulai dengan menganalisis visi, misi dan tujuan perusahaan serta analisis lingkungan industri yang terkait dengan karekteristik industri, analisis persaingan dengan Porter’s five forces analisys, identifikasi Driving forces, Strategic group map dan Key Success factor. Dari sisi internal perusahaan penelitian dilakukan dengan melakukan analisis fungsional, struktur organisasi perusahaan dan Value chain. Berdasarkan analisis lingkungan tersebut PT Jasa Raharja dapat melihat kekuatan dan kelemahan yang ada serta ancaman dan peluang yang dimiliki. Berdasarkan analisis SWOT tersebut selanjutnya dapat diformulasikan strategi yang tepat untuk mempertahankan eksistensinya.
Insurance is a form of a risk control by means of transferring the risk from one party to another party, in this case is an insurance company. An insurance company provides protection to the property or one’s life/body with a payment of premium in return. Once a loss-causing event occurs to the insured, the insurance company would pay an amount of money to indemnify the loss or to pay a benefit according to the terms and conditions of the policy or regulation. The development of insurance industry is tightly attached to the economy and technology development in human’s life whereby the more limited the source of human’s life provision of necessity, the more effort of human to increase their wealth as well as the effort to provide protection to themselves or to the property they own from any adverse events which potentially cause losses or disruption to their pursuance of life purpose. The purpose of this study is to analyse the implementation of strategy of an insurance company in facing the fast environmental changes and to formulate an effective to survive the existence of the company. PT Jasa Raharja (Persero) as a company which establish a social insurance provision is not aparted from the need to change and is to formulate a reliable corporate strategy to be able to stay exist. The research is initiated by analyzing vision, mission and the goal of the company and the industry environment analysis related to the characteristics of the industry, competition analysis by using Porter’s five forces analisys, identifying Driving forces, Strategic group map and Key Success factor. From the internal side of the company, the research utilizes functional analysis, company’s organization structure and value chain analysis. Based on the environment analysis, PT Jasa Raharja is able to view its strength and weekness as well as threat and opportunity. Subsequently, based on the SWOT analysis, an effective strategy is formulated in order to enhance the company existence.
Kata Kunci : Industri asuransi,Strategi korporat,Porters five forces,Driving forces,Strategic group map,Value chain, insurance industry, corporate strategy, Porter’s five forces, driving forces, strategic group map, value chain, functional analysis, SWOT