Identifikasi karakteristik psikografik penonton film alternatif
RAHAYU, Yulianti, B.M. Purwanto, Dr., MBA
2009 | Tesis | S2 Magister ManajemenSelama ini agaknya penonton nyaris menjadi subyek yang luput (atau diabaikan) dalam wacana perfilman Indonesia. Perbincangan ihwal estetika film tidak dapat dipisahkan dari penonton yang melakukan resepsi terhadap film sebagai sebuah karya seni (Irawanto dalam Sasono, 2007). Banyaknya film-film yang beredar dengan mengandalkan persoalan gaya hidup dan daur ulang tema horor, dikhawatirkan akan membuat penontonnya jenuh dan bosan. Penonton film alternatif menjadi kelompok yang berpeluang untuk memberikan kontribusi dalam mendukung berkembangnya industri film di Indonesia, setidaknya memberikan ruang alternatif baru bagi berkembangnya industri film di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis karakteristik psikografik penonton film-film alternatif sehingga akan diperoleh gambaran yang lebih baik tentang kelompok penonton tersebut. Penelitian ini menggunakan teknik snowball sampling dalam memperoleh responden. Responden di wawancara dengan teknik in depth interview secara semi terstruktur menggunakan pernyataan-pernyataan psikografik (sikap, nilai, pandangan responden terhadap orang, obyek, peristiwa, ide-ide, idealisme, maupun kebutuhan-kebutuhannya). Penelitian di design dengan study exploratory untuk menjamin agar validitasnya terjaga. Transkrip hasil wawancara dianalisis dengan metode content analysis.
All this time, the moviegoers seem become less important subject in Indonesian movie discourse. Discussion about movie’s esthetic can’t be separated from the moviegoers’ perception thru movie as a work of art. (Irawanto – Sasono, 2007) Many movies that shown in Indonesia only telling about life style and horror and that can make the moviegoers become full and boring. Alternative moviegoers can be the group that gives a chance to make a contribution for movie industry in Indonesia. This research was conducted to identify and analyze about the alternative moviegoers’ characteristic so it can gives a better illustration from that group. This research was using snowball sampling method for getting the respondents. The respondents were interviewed using in depth interview method resembling semi structure using psychographic statements (attitude, value, respondents’ persuasion thru others, object, involvement, ideas, idealism, and the needs). This research was design with study exploratory for validity guaranteed. The transcript results from interviewing have been analyzed with content analysis method.
Kata Kunci : Penonton film,Film alternatif,Psikografik,Content analysis,moviegoers, alternative movie, psychographic, content analysis