Laporkan Masalah

Positioning PT Semen Tonasa di Kota Makasar Sulawesi Selatan

ARIE, Fttyvaldi, Sahid Susilo Nugroho, Dr., M.Sc

2009 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Globalisasi yang melanda dunia telah merubah cara pandang/persepsi konsumen dalam menentukan pilihan terhadap suatu produk. Oleh karena itu perusahaan harus menghadapi persaingan yang semakin ketat di dunia bisnis. Untuk tetap mempertahankan posisinya dalam pasar, perusahaan diharapkan untuk meningkatkan dan mengembangkan inovasi baru dalam atribut atribut produk (kualitas, harga, distribusi dan promosi) yang terdapat pada masing masing merek yang telah dipetakan dalam peta persepsi konsumen Penelitian ini bertujuan mengetahui posisi persaingan Industri semen Merek semen tonasa, Merek semen bosowa, Merek semen tigaroda, berdasarkan persepsi konsumen dan pengaruh posisi persaingannya terhadap jumlah pelanggan di kota Makassar. Dengan menggunakan alat analisa “analysis of correspondences” ANACOR hasil penelitian yang diperoleh terdapat perbedaan posisi masing-masing merek semen berdasarkan persepsi konsumen. Untuk dapat memberikan kepuasan pada konsumen dan memperoleh kepercayaan dari konsumen maka masing masing perusahaan dapat menunjukkan keunggulan yang telah ada sehingga konsumen dapat tetap setia pada satu merek yang telah dipilihnya. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semen tonasa memasarkan produknya sebagai merek semen yang unggul dalam kualitas yang dimiliki dan menunjukkan pola distribusi yang efektif, sedangkan semen bosowa menunjukkan kualitas layanan wiraniaga yang baik , dan terkahir adalah produk semen tiga roda ya ng menunjukkan kualitas kantong semen yang baik. Dalam penelitian ini menggunakan data primer yang diambil dari 200 responden di kota Makassar- Sulawesi Selatan dengan menggunakan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat suatu pemetaan persepsi konsumen atas masing masing merek semen yaitu : tonasa, bosowa dan tiga roda

Globalization which is happened in the world has changed customers perception in product selection. This condition takes companies to tight competition in business. To keep their position in the market, companies are expected to increase and develop new innovation in product attributes (quality, price, distribution and promotion) of each brand as has been mapped in customers' perceptual mapping. The aim of this research is to discover the operator competition position cement industry such as merk semen tonasa, merk semen bosowa, merk semen tigaroda, based on the consumers perception and the influence of emulation position to a mount of customer’s in Makassar. By using correspondences analyze ANACOR, the result is there are differences position of each cement industry based on consumers perception To get customers satisfaction and trust, companies have to show them the benefit of their product in order to take customers loyalty. This research shows that Tonasa cement markets its product has a high quality product and best distribution concept; Bosowa cement has a best costumer service; and at last there is Tiga Roda cement which has a better quality of cement pocket. This research uses primary data which is taken from spreading kuisioner to 200 correspondents in Makassar-South Sulawesi. Results shows that there is customers perceptual mapping in each brand of cements which are Tonasa, Bosowa, and Tiga Roda.

Kata Kunci : Persepsi,Product positioning,Perceptual mapping,perception, product positioning, and perceptual mapping


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.