Laporkan Masalah

Pelajar dan internet sebuah potret pemanfaatan internet pada pelajar sekolah menengah atas di Kotamadya Yogyakarta

HIDAYATI, Windah Nur, Dr. Phil. Hermin Indah Wahyuni, SIP.,M.Si

2009 | Tesis | S2 Ilmu Komunikasi

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh feneomena pesatnya perkembangan dan pertumbuhan media komunikasi terutama internet di kalangan remaja. Keberadaan internet telah membuat masyarakat semakin mudah untuk melakukan komunikasi sebagai salah satu kebutuhan hidup manusia, dengan segala fasilitas dan layanannya. Mulai dari kebutuhan pertemanan, kebutuhan untuk sharing gagasan, mencari berbagai macam informasi, sampai dengan permainan yang seru. Internet juga seakan-akan menghilangkan sekat geografis dan waktu. Berbagai kelebihan tersebut, telah membuat internet menjadi populer dan merasuk pada hampir seluruh sendi kehidupan dan kalangan masyarakat. Remaja sebagai salah satu komponen dalam masyarakat, tentu tidak terlepas dari terpaan internet. Akan tetapi terpaan tersebut belum tentu dapat dimanfaatkan secara positif oleh remaja sesuai dengan atributnya sebagai seorang pelajar. Penelitian ini menyoroti bagaimana pelajar SMA di Kotamadya (Kodya) Yogyakarta dalam menggunakan dan memanfaatkan internet, berdasarkan teori uses and gratification. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui kecenderungan pemanfaatan internet pada pelajar SMA di Kodya Yogyakarta, 2) Mengetahui perbedaan pemanfaatan internet pada pelajar SMA di Kodya Yogyakarta berdasarkan jenis kelamin, status domisili, dan status sekolah. 3) Mengetahui arti penting internet pada pelajar SMA di Kodya Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah pelajar SMA di Kodya Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan di 8 sekolah dengan komposisi 4 sekolah negeri dan 4 sekolah swasta di Kodya Yogyakarta, pada bulan Juli dan Agustus 2009. Penelitian ini berjenis deskriptif dan bersifat kuantitatif, dengan metode survey dan penarikan sampel secara multistage sampling. Pengolahan data menggunakan SPSS 17dan program excel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Penggunaan waktu surfing setiap minggu pada pelajar belum termasuk “kecanduan”, yaitu yang paling menonjol dalam rentang waktu 1-5 jam. Penggunaan waktu surfing lebih banyak digunakan untuk keperluan pembelajaran. Penggunaan waktu surfing tidak ada perbedaan yang berarti berdasarkan jenis kelamin, status sekolah, dan status domisili. 2). Layanan yang paling sering dikunjungi adalah friendster dan facebook, serta world wide web. Web yang sering dikunjungi web tentang musik yaitu 33,09% serta tentang edukasi, pengetahuan, dan topik pelajaran 22,95%. 3) Penggunaan dan pemanfaatan internet berdasarkan teori uses and gratification untuk masing-masing kategori: a). Kebutuhan informasi, menunjukkan IVK 100, yang paling menonjol mencari informasi yang berkaitan dengan tugas sekolah. b). Kebutuhan hubungan personal, menunjukkan IVK 99, yang paling menonjol mencari teman sebanyak-banyaknya. c). Kebutuhan identitas pribadi atau psikologi individu, menunjukkan IVK 99. Yang paling menonjol adalah pernyataan harus mampu menggunakan dan memanfaatkan internet dengan benar 11,98%. d). Kebutuhan pengalihan, menunjukkan IVK 99, yang paling menonjol pilihan situs musik ketika merasa bosan dan bete 13,4%. 4). Tidak ada perbedaan yang berarti pada penggunaan dan pemanfaatan internet menurut teori uses and gratification berdasarkan jenis kelamin, status sekolah, dan status domisili. IVK untuk masing-masing adalah 99.

The growing of communication technology, wich is internet, helps people to fulfill their communication needs more effectively and efficiently. Not only needs to fulfill their office job, they also use internet to make friends, share ideas, browse information and find entertainment, such as games, music, quiz, etc. Furthermore, internet has broken down geographical border and time liit for people to communicate to other round the world. Because of those benefits, internet becomes so popular that today teenagers have also made use of this facility. The increasing use of internet for teenagers, as student, gives positive and negative effect for them. Because of that reason, this research was interested to find out how senior high school student in Yogyakarta use internet. It used Uses and Gratification Theory, to carry out this riset. The aim of this riset are to find out : 1) the tendency of using internet for senior high student in Yogyakarta, 2) the difference of using internet or student basic on gender, domicile status and school status, 3) and important value of internet base on the student “perception”. The respondent of this research were students senior high school. This research was conducted in 8 schools in Yogyakarta. They consisted of 4 public schools an 4 private schools in Yogyakarta, from July to August 2009. This is a survey research, wich used descriptive quantitave method to analyze the result are SPSS 17 and Microsoft Excell. The results of this research shows that : 1) the highlighted use of time “surfing” every week to the student excluded addiction is 1 – 5 hours. The use of time “surfing” is more for learning needs. There is no significant difference in using internet based on gender, domicile status and school status. 2) The most visited internet websites are friendster, facebook and world wide web. After that, it comes to music with 33,09% and also websites about education, topic lesson, science, and knowledge with 22,95 %. 3) The use of internet based on uses and gratifications theory for each category at: a) information need, shows IVK (Indeks Variabel Kumulatif) 100 which focused on finding information related to school homework and task, b) personal relationship need, shows IVK 99 which focused on making friend as many as possible, c) individual identity or individual psychology need, shows IVK 99 which focused on the statement of ability to use internet correctly 11,98 % and d) focus distraction need, shows IVK 99 which focused on choice of music sites when feeling bored with 13,4 % . 4) There is no significant difference in the use of internet based on uses and Gratification Theory based on gender, school status and domicile status. Each IVK is 99.

Kata Kunci : Pelajar, Internet, Informasi, Hubungan personal, Identitas pribadi, Psikologi individu, Pengalihan, students, internet, information, personal relationships, individual identity or individual psychology , focus distraction.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.