New product planning process :: A case study at courier and cargo company PT Citosarana Jasapratama
SUTADIPRAJA, Edwin, B.M. Purwanto, Dr., MBA
2009 | Tesis | S2 Magister ManajemenStudi kasus ini bertujuan untuk me mpelajari proses innovasi yang dilakukan oleh PT. Citosarana Jasapratama (Cito) dalam mengembangkan layanan baru yang dinamakan Mailing Control Management dan mempelajari faktor-faktor yang menjadikan layanan baru ini berhasil. Hasil analisis menunjukkan bahwa cito telah melakukan beberapa proses dalam mengembangkan layanan baru tersebut. Pertama, cito manganalisa cutomer value untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang mereka inginkan dalam layanan baru ini, kemudian dilanjutkan dengan mempelajari apakah layanan baru tersebut masih memiliki peluang yang menjanjikan. Cito melanjutkan prosesnya dengan melakukan pengumpulan ide -ide tentang bagaimana seharusnya layanan baru ini diciptakan dan memilih ide yang paling menjanjikan. Kemudian cito melakukan analisa bisnis yang menyeluruh untuk melihat apakah layanan ini menguntungkan bagi perusahaan dan pada proses terakhir, cito mulai mengembangkan layanan baru ini dan menawarkannya pada konsumen. Faktor-faktor penunjang keberhasilan layanan baru ini dapat terlihat dari tahap awal pengembangan layanan baru tersebut. Cito telah efektif dalam mengembangkan layanan baru ini dengan memiliki pemahaman yang sangat baik tentang kebutuhan pelanggannya sebelum layanan baru ini dibuat. Cito mampu mengembangkan layanan baru ini dengan efisien karena mereka dapat memadukan kemampuan mereka dengan peluang yang ada, dan yang terakhir, Cito memiliki metode yang unik dalam memasarkan layanan baru tersebut pada konsumen.
This research aimed to examine the innovation process executed by PT.Citosarana Jasapratama (Cito) in developing a new service, so called the Mailing Control Management and to examine the success factors behind this new service. The result showed that Cito has executed several processes in developing their new service. Firstly, Cito analyze the customer’s value to have better understanding about their preferences to this new service, then, they studied whether this new service still has promising market. They continue the processes by generating ideas about how this new service should be designed and selecting the most promising idea. Cito undergone a thorough business analysis to see whether this new service profitable to the company, then, they start to develop the service and offered this new service to the market. The success factors of this new service can be seen from the very beginning stage of their new service deve lopment. Cito has been successful to be effective in developing their new service by having excellence understanding about their customer needs prior to the creation of this new service, they also succeeded to be efficient by matching their capabilities wi th the value opportunities, and the last, they have a unique commercialization method in offering this new service to the customer.
Kata Kunci : Inovasi,New product,planning process,Courier,Cargo, Innovation, New Product Planning Process