Analisa strategi bersaing produk tabungan pendidikan BNI (BNI Tapenas)
SYAHZA, Ali, Djoko Susanto, Prof., Dr., MSA
2009 | Tesis | S2 Magister ManajemenDinamika perkembangan dunia bisnis yang berlangsung demikian cepat saat ini, telah memaksa para pelaku bisnis untuk terus memikirkan strategi-strategi yang tepat agar dapat terus secara positif menjadi bagian dari perubahan atau perkembangan bisnis itu sendiri. Dalam dunia perbankan, perkembangan tersebut telah berdampak pada semakin tergeneralisasinya produk/jasa yang ditawarkan oleh bank-bank tersebut. Untuk itulah dalam rangka memenangkan persaingan, fungsi evaluasi setelah strategi-strategi tersebut dilaksanakan menjadi demikian penting agar selalu tercipta strategi-strategi yang sesuai dengan kondisi/target yang diharapkan. Tujuan penulisan penelitian ini adalah melihat kondisi persaingan pada produk tabungan pendidikan serta melakukan analisis terhadap strategi yang telah dilaksanakan selama ini pada produk tabungan pendidikan BNI yaitu BNI Tapenas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitis dengan menggunakan 3 (tiga) pendekatan yaitu analisis lima kekuatan bersaing (Porter's 5 Forces Analysis), analisis SWOT dan analisis PLC. Dari hasil analisis tersebut didapatkan kesimpulan bahwa secara umum strategi yang telah dilaksanakan selama ini telah cukup baik, namun perlu dilakukan penyempurnaan dalam rangka antisipasi terhadap dinamika perkembangan bisnis yang terjadi dengan menitik beratkan pada strategi diferensiasi, sehinga walaupun diduga akan semakin banyak bank-bank yang akan mengeluarkan produk sejenis, namun dengan fleksibilitas produk yang tinggi serta optimalisasi kekuatan-kekuatan yang telah dimiliki oleh BNI Tapenas dan BNI pada umumnya, maka BNI Tapenas diharapkan akan tetap kompetitif dibandingkan dengan produk-produk sejenis.
The phenomenon of business world development recently which is happening rapidly has enforced businessmen to consider about right strategies in order to be part of business changes or development itself positively. In banking sector, the development has affected in generalization of products or services which are offered by those banks. Therefore, in order to win the competition, after those strategies have been conducted the function of evaluation becomes very important so that strategies in conformity with expected target will always be created. The aim of this research is to see the competition condition of education saving product and analyze strategy which has been implementing to BNI’s education saving product namely BNI Tapenas. This descriptive analytical research uses three approaches which are Porter’s 5 forces analysis, SWOT analysis, and PLC analysis. The conclusion of those analysis is that strategy which has been conducting at current practice is proper enough generally, nonetheless improvement is needed to anticipate business development phenomenon which is happening by emphasized in differentiation strategy, so that although it is estimated that a number of banks will have the same product, in spite of high product flexibility and maximized strength which is occupied by BNI Tapenas and BNI in general, it is expected that BNI Tapenas will always be competitive compare to same kind of other products.
Kata Kunci : Deskriptif analisis,Analisis lima kekuatan bersaing (Porters 5 forces analysis),Analisis SWOT,Analisis PLC,Strategi diferensiasi,Fleksibilitas,Kompetitif, descriptive analytical research, porter’s 5 forces analysis, WOT analysis, PLC analysis, different