Laporkan Masalah

Evaluasi penerapan strategi bisnis :: Studi pada Yamaha Motor Indonesia

FIRDAUS, David, Fahmi Radhi, Dr., MBA

2009 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Sebelum tahun 2004, industry motor di Indonesia dikuasai oleh perusahaan motor Honda yang merupakan pionir di industry motor Indonesia. Tetapi sejak tahun 2004–awal 2008, market share dari PT. Yamaha Motor Indonesia mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Bahkan market share Yamaha sempat mengungguli Honda, tetapi saat ini market share dari Yamaha hanya mencapai 39,7% berada di bawah total pertumbuhan penjualan motor yang mencapai 43,77%. Hal ini menunjukan Yamaha mulai kewalahan dengan strategi yang diterapkan kompetitornya, sehingga untuk mempertahankan market share perlu ada usaha yang dilakukan oleh Yamaha mungkin dengan cara inovasi teknologi atau pembangunan pabrik baru. Untuk mengetahui penyebab hal tersebut diatas, perlu dilakukan penelitian dalam rangka mengevaluasi strategi bisnis yang dilakukan PT Yamaha Motor Indonesia. Apakah strategi bisnis yang diterapkan masih efektif sesuai dengan visi dan misi yang diemban dalam rangka meningkatkan nilai perusahaan ?. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, bersifat studi kasus pada PT Yamaha Motor Indonesia dengan menggunakan alat analisis Five Forcess Model, SWOT Analysis dan Key Success Factor. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum PT Yamaha Motor Indonesia telah, merancang strategi bisnis dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan, namun dalam pelaksanaannya sering terlambat dan terkesan kurang fokus, sehingga peluang dan kesempatan yang ada, tidak dapat ditangkap dengan baik. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan dapat memberikan manfaat khususnya pada PT Yamaha Motor Indonesia dalam menerapkan strategi bisnis dan rencana bisnis jangka panjang. Diharapkan PT Yamaha Motor Indonesia dapat memanfaatkan kekuatan dan peluang yang ada, mampu meminimalkan kelemahan dan menghindari ancaman yang akan terjadi dimasa yang akan datang.

Before 2004, the motorcycle industry in Indonesia, dominated by the Honda motor company which is a pioneer in the motor industry of Indonesia. But since 2004 - early 2008, market share of PT. Yamaha Motor Indonesia has increased very significantly. Market share of Yamaha even surpass market share of Honda, but at this time Yamaha's market share reached only 39.7% are under the total growth in sales of motorcycles which is reached 43.77%. This shows that Yamaha start to overwhelmed with the strategies that competitors are applied, so that to maintain market share there is a business that have to be done by Yamaha may be with innovation technology, or development of new factory. In order to explore the root cause of the above matters, an evaluation research needs to be done to examine the implemented strategy of PT. Yamaha Motor Indonesia. Is the business strategy still effective with regards to company’s vision and mission in enhancing the company values? This is descriptive research that uses PT. Yamaha Motor Indonesia as its case study with Five Forces Model, SWOT Analysis and Key Success Factor as its instrument of analysis. The research result shows that PT. Yamaha Motor Indonesia had generally planned its business strategy well based on the needs. However, on the implementation stage seems to be unfocussed and oftenly delayed. At last, this research is expected to give advantages, especially for PT. Yamaha Motor Indonesia in implementing their business strategy as well as long term business planning. In the future, PT. Yamaha Motor Company is expected to optimized the available strengths and opportunities, at the same time minimize the weaknesses and threats.

Kata Kunci : Strategi bisnis,Marketing strategy,Market share,Inovasi teknologi, Business Strategy, Marketing Strategy, Market Share, Technology Inovation


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.