Analisis strategi bisnis retail PT Hero Supermarket Tbk
WIRYANTO, David, Wakhid Slamet Ciptono, Drs., MBA., MPM
2009 | Tesis | S2 Magister ManajemenDalam paper ini penulis mengangkat pasar retail di Indonesia yang memasuki tingkat kompetisi yang tinggi dalam 1 decade terakhir ini dan tumbuh dengan pesat serta memerankan peran penting dalam perekonomian. PT. Hero Supermarket Tbk sebagai salah satu pemain ritel modern Hipermarket dengan logo nya “GIANT†turut berperan penting dalam memberikan berbagai pelayanan kepada masyarakat. Meningkatnya jumlah gerai GIANT- Hero Supermarket Tbk di berbagai sudut kota besar Indonesia dan kegiatannya mengundang pemahaman akan keunikan, praktik managemen dan faktor faktor utama yang berkontribusi atas keberhasilannya. Studi ini akan membahas kerangka kerja tersendiri dan karakteristiknya dan selain itu dalam penulisan ini juga akan menggali pemahaman lebih jauh tentang HERO Supermarket Tbk, fitur fitur keunikan dalam tubuh HERO dan faktor faktor keberhasilan kunci. Diskusi semi terstruktur dan metode riset kualitatif akan digunakan untuk mencari lebih jauh dengan menggunakan analisis STEP dan Porter’s Five Forces.
This Paper will explain explicitly about retail market in Indonesia that enter hyper competition within decades and the growth significantly increase and play a great role for Indonesian Economic. PT. Hero Supermarket Tbk as one hipermarket retailer under it’s famaous brand “GIANT†play a great role to give services for Indonesian people. It’s Giant store increases every crooks and corner in Indonesia big cities and its activities visit an uniq understanding, management practise and main factors that contributes its succes. The study will speaks specifics working frame and its characterstic. Also, the writer will dig further understanding about Hero Supermarket Tbk company,its fiturs uniq that embody HERO Supermarket and its key succes factor. Semi Structure discussion and qualitative research methodology will be used to search deeper understanding by using STEP analysis and Porter’s Five Forces.
Kata Kunci : Industri Ritel, Hipermarket, Factor keberhasilan kunci, STEP, Retail Industries, Hypermarket, Key Succes Factors