Laporkan Masalah

Evaluasi strategi bersaing PT Telekomunikasi seluler (Telkomsel) dalam industri telekomunikasi seluler

YUDISTHIRA, Bambang Riyanto LS., Dr., MBA

2009 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Regulasi pemerintah tentang penurunan tarif dasar didalam industri telekomunikasi mengakibatkan semakin ketatnya persaingan didalam industri telekomunikasi khususnya telekomunikasi seluler. Persaingan harga yang ketat mengakibatkan PT. Telekomunikasi Seluler (TELKOMSEL) sebagai salah satu pemain didalam industri telekomunikasi seluler sekaligus sebagai pemimpin pasar dalam industri ini turut merasakan dampak dari perubahan tersebut. Agar tetap eksis dalam usahanya dan tetap mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar, PT. Telkomsel harus memperhatikan perubahan dalam lingkungannya baik lingkungan eksernal maupun lingkungan internal. Chapter 1 Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap lingkungan eksternal dan internal PT. Telkomsel yang berpengaruh terhadap kegiatan utama perusahaan yaitu jasa telekomunikasi seluler. Dari analisis lingkungan eksternal melalui Five Forces Model, diketahui bahwa daya tarik industri ini adalah sedang. Hal ini dikarenakan intensitas persaingan dalam industri ini cukup kuat, sehingga kekuatan tawar menawar dari pemasok masih tinggi dan kekuatan tawar menawar dari pembeli dalam kategori sedang ke tinggi. Ancaman terhadap pesaing baru masih cukup rendah mengingat modal investasi untuk memulai bisnis dalam industri ini cukup besar dan ancaman terhadap produk pengganti masih sangat lemah karena masih banyak wilayah Indonesia yang belum terjangkau oleh infrastruktur lain selain layanan telekomunikasi seluler. Dengan demikian Telkomsel masih leluasa mengembangkan sayapnya dan melakukan segmentasi pasar yang lebih terarah diantaranya segmentasi pasar korporasi mengingat sulitnya para kompetitor untuk bermain di sektor ini. Metode penelitian menggunakan metode analisis eksternal seperti Five Forces Model, Driving Forces, dan Key Succes Factor dalam layanan industri telekomuniaksi seluler, yang bertujuan untuk menganalisis seberapa besar meariknya industri ini, faktorfaktor yang berperan dalam industri ini dan kunci sukses dalam industri ini. Selain itupula dilakukan analisis internal perusahaan yang bertujuan untuk mendapatkan faktor kekuatan dan kelemahan dari perusahaan untuk dapat terus bersaing dan eksis dalam industri ini serta pengimplementasian strategi yang akan digunakan oleh PT. Telkomsel didalam menghadapi perubahan tersebut. Hasil dari analisis ini menyimpulkan bahwa strategi yang teapt untuk PT. Telkomsel dalam menghadapi kondisi persaingan saat ini adalah dengan Focused Differentiation Stratgey. Manajemen PT. Telkomsel harus mengimplementasikan strategi ini dalam rangka mempertahankan posisi perusahaan sebagai pemimpin pasar dan agar tetap eksis dalam layanan industri telekomunikasi khususnya layanan industri telekomunikasi seluler.

The government regulation of the decline in the rate base in the telecommunications industry resulted in increasingly strict competition in the telecommunications industry, especially mobile telecommunications. Price competition that lead to strict PT. TELKOMSEL as one of the players in the mobile telecommunications industry as well as market leaders in the industry feel the effects of succession changes. Exist in order to remain in business and still retain its position as market leaders, PT. Telkomsel should consider changes in the environment both external environment and internal environment. This research aims to perform the analysis on the external environment and internal PT. Telkomsel that affect the company's main activities, namely mobile telecommunication services. Analysis of the external environment through the Five Forces Model, it is known that the attractiveness of this industry is medium. This is because the intensity of competition in this industry is quite strong, so the bargaining power of suppliers is still high and the bargaining power of buyers in the medium to high category. Threats to the new competitors are still quite low considering the capital investment to start business in this industry is quite large and the threat of substitute products are very low because many regions in Indonesia that has not been reached by the infrastructure other than mobile telecommunications service. Thus, PT. Telkomsel is still free to develop to market segmentation and a more effective market segmentation among the corporation given the difficulty of the competitors to play in this sector. Methods of research using methods such as analysis of external Five Forces Model, Driving Forces and Key Success Factor in telecommuniaction mobile services industry, which aims to analyze how big interested this industry, the factors that play a role in this industry and the key to success in this industry. In addition to internal analysis conducted has it company that aims to get the strength and weaknesses of the company can continue to compete and exist in this industry and implementation strategy that will be used by PT. Telkomsel in the face of such change. Results of this analysis concluded that the teapt strategy for PT. Telkomsel in the conditions of competition at this time is the Focused Strategy differentiation. Management of PT. Telkomsel must implement this strategy in order to maintain the company's position as market leaders and that still exist in the telecommunications service industry, especially mobile telecommunications service industry.

Kata Kunci : Analisis strategi,Segmentasi korporasi,Analisis eksternal,Analisis internal, analysis of strategy, corporate segments, external analysis, internal analysis


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.