Laporkan Masalah

Analisa alasan penggunaan, kepuasan dan perilaku setelah penggunaan kartu debit di kalangan pekerja

DARMAWANTO, Nino Oktora, B.M. Purwanto, Dr., MBA

2009 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Studi ini bertujuan untuk mencari alasan terkuat dari penggunaan kartu debit oleh pengguna kartu debit yang sudah bekerja, dan dicari tingkat kepuasan atau ketidakpuasan serta perilaku para pengguna kartu debit setelah penggunaan dengan melihat berapa kuat niat responden untuk merespon atas sikap kepuasan dan ketidakpuasan yang mereka rasakan. Penelitian ini menggunakan 150 sampel dengan hasil alasan terkuat adalah indikator restraint dengan rerata 4.43 yang memiliki arti responden merasa mereka menggunakan kartu debit karena tidak memiliki resiko hutang dan indikator terlemah adalah money dengan rerata 2.08 yang memiliki arti responden tidak merasa bahwa mereka menggunakan kartu debit untuk diskon yang ditawarkan karena pada kenyataannya memang jarang diskon untuk pengguna kartu debit tidak seperti untuk kartu kredit. Sebagian besar responden (90%) merasa puas dengan kartu debit mereka dan sisanya (10%) tidak merasa puas. Responden yang merasa puas memiliki keinginan yang cukup kuat untuk terus menggunakan kartu debit dengan rerata 3.96 dan memiliki keinginan yang kuat untuk meningkatkan penggunaan kartu debit dengan rerata 4.28, hal ini membuat keinginan untuk beralih menggunakan metode pembayaran lain menjadi lemah dengan rerata 1.76 dan keinginan untuk berhenti menggunakan menjadi lemah pula dengan rerata 1.40. Responden yang merasa tidak puas, 73.33% menyatakan mengambil tindakan dan sisanya 26.67% menyatakan tidak mengambil tindakan. Responden yang mengambil tindakan memiliki keinginan kuat untuk melakukan komplain ke bank dengan rerata 4.64, dan memiliki keinginan kuat untuk memberitahukan kepada teman tentang masalah mereka dengan rerata 4.09, namun memiliki keinginan yang lemah untuk menghentikan penggunaan kartu debit dengan rerata 2.91 dan memiliki keinginan sangat lemah untuk melaporkan kepada perwakilan swasta dengan rerata 1.27 dan sangat lemah untuk mengajukan gugatan hukum. Responden yang merasa tidak puas namun tidak bertindak menyatakan keinginan yang cukup kuat untuk menunjukan sikap tidak menyenangkan dengan rerata 3.75 Hasil korelasi antar variabel menunjukan hasil yang tidak kuat dengan tingkat korelasi positif tertinggi 0.566 adalah hubungan variabel time dengan convenience yang memiliki arti bahwa responden yang merasa penggunaan kartu debit dapat mempercepat waktu transaksi mereka juga mengatakan bahwa penggunaan kartu debit mudah sehingga dapat mempercepat waktu transaksi mereka.

This research goal is looking for the most reason of using debt card from cardholder opinion and to identify rate of their satisfaction or dissatisfaction and also identify cardholder behavior after using their debt card with analyze their rate of willingness response from their satisfaction or dissatisfaction that they felt. This research using 150 samples with strongest result is restraint indicator with mean 4.43, this conclusion meaning that reason of respondent using debt card because debt card doesn’t have a debt risk. And the weakest indicator is money with mean 2.08. This conclusion because the respondent doesn’t think that by using debt card they can have a lot of discount offers, because in reality debt card doesn’t give them discount as much as when they using credit card. 90% of respondent is satisfied with their debt card, but rest 10% respondent felt dissatisfied. Respondent this felt satisfied, having quite good willingness to keep using their debt card with mean 3.96 and respondent showing their willingness to increase their frequency for using debt card. These two reasons make another reason to using another method of payment getting weaker with mean 1.76 and their willingness to stop using debt card also getting weaker with mean 1.40. 73.33% respondents who feel dissatisfaction choose to take action and rest 26.67% choose to not taking any action. Respondents who choose to take action show great willingness to complaining to bank with mean 4.46 and telling to their friend about their problem with mean 4.09, otherwise this weaker their will to stop using debt card with mean 2.09 and more weaker to report their problem to private agency with 1.27 mean and really weak to take legal action. This research correlations between variable is showing not a significant result with highest score is 0.566 with correlation between time variable and convenience, this result show that respondents are think it’s easy when they using debt card so it doesn’t take much time to finish their transactions.

Kata Kunci : Kartu debit,Kepuasan konsumen,Perilaku konsumen, reason to use debt card, consumer satisfaction, consumer behavior


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.