Laporkan Masalah

The Influence of franchisors communication, service assistant and competitive advantage on franchisees intention to remain in the franchise system

ADITYA, Bagus, Basu Swastha Dharmmesta, Prof., Dr., MBA

2009 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Penelitian ini bertujuan untuk manganalisis pengaruh komunikasi, service assistant dan keunggulan bersaing dari pewaralaba terhadap niatan untuk bertahan di dalam sebuah sistem waralaba dengan kepercayaan dan kepuasan sebagai variabel mediasinya. Penelitian ini dilakukan terhadap 120 terwaralaba dari waralaba lokal yang ada di yogyakarta. Hasil analisis memperlihatkan bahwa secara langsung, komunikasi, service assistant dan keunggulan bersaing dari pewaralaba berpengaruh positif terhadap niatan terwaralaba untuk tetap bertahan di dalam suatu sistem waralaba. Namun, komunikasi dan keunggulan bersaing tidak berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan dan kepuasan yang menjadi faktor pendorong niatan terwaralaba untuk bertahan. Kepercayaan juga terbukti tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan terwaralaba. Service assistant aadalah variabel yang berpengaruh positif terhadap kepercayaan dan kepuasan terwaralaba yang pada akhirnya mampu mendorong keinginan terwaralaba untuk bertahan di dalam suatu sistem waralaba.

This research aimed to analyze the influence of Communication, Service Assistance, and Competitive Advantage from Franchisor on franchisees’ overall satisfaction and Intention to remain in the Franchise system. This research was conducted on 5 local franchise businesses in Yogyakarta, the results showed that communication is not necessarily become the fostering factor of franchisees’ trust and satisfaction. Another result also showed that Competitive advantage does not have significant influence on franchisees’ satisfaction. On the other hand, Service assistant hold an important role to reinforce franchisees’ trust, satisfaction and intention to remain in the franchise system. The result also showed that communication, competitive advantage, trust and satisfaction of the franchisees have direct impact to franchisees’ intention to remain in the franchise system.

Kata Kunci : Franchise (waralaba),Komunikasi,Service assistent,Keunggulan bersaing,Kepercayaan,Kepuasan,Sistem waralaba ; Franchise,Communication, Service assistant, Competitive Advantage, Trust, Satisfaction, Intention to Remain in the Franchise System


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.