Strategi bersaing tabungan BRI Britama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
DERMAWAN, Ira, Gudono, Dr., MBA
2009 | Tesis | S2 Magister ManajemenTabungan BRI BritAma merupakan produk tabungan generik dari BRI masih menunjukkan market share yang sangat kecil sekitar 5,6%. Sehingga diperlukan suatu strategi bersaing Tabungan BRI BritAma sehingga dapat meningkatkan market share, meningkatkan penghimpunan dana pihak ketiga dan mampu bersaing dengan produk tabungan sejenis di bank lain yang merupakan kompetitor BRI yaitu Bank Mandiri, BCA, BNI dan Bank Danamon. Hasil analisis eksternal dengan tools analisis lingkungan industri, driving forces, competitive forces dan key success factors secara umum menunjukkan bahwa lingkungan bisnis masih kondusif bagi BRI untuk melakukan pengembangan Tabungan BRI BritAma. Untuk dapat bersaing BRI mempunyai kompetensi inti yang belum tentu dimiliki oleh bank pesaing yaitu jaringan kerja yang luas dan brand recognition BRI yang cukup baik. Berdasarkan analisis SWOT yang dilakukan maka maka strategi yang paling tepat untuk diterapkan adalah Low Cost Leadership Strategy. Penulis memberikan saran kepada BRI untuk menambah layanan ebanking serta menambah fitur e-banking, memperbanyak jaringan ATM dan menjaga availability rate, meningkatkan standar pelayanan kepada nasabah, menambah jumlah funding officer berkualitas untuk melakukan pemasaran, proaktif melakukan program penjualan, serta perlu dilakukan marketing communication yang lebih komprehensif dan konsisten.
Tabungan BRI BritAma is a generic savings account product from BRI still showing a very small market share overage 5.6%. So that a competitive strategy of Tabungan BRI BritAma needed to increase the market share, increase third party funds and can compete with similar savings account product in other banks which are competitors, namely Bank Mandiri, BCA, BNI and Bank Danamon, The results of external analysis that using tools of environmental business analysis, driving forces, competitive forces and key success factors, in general show that the business environment is still conducive to develop Tabungan BRI BritAma. BRI have core competence to compete with other bank that are the largest networks and good brand recognition. Based on SWOT analysis, the most appropriate strategy to apply is Low Cost Leadership Streategy. The author gives advice to add e-banking services and its features, add ATM networks and keep the avaialability rate, improve service quality standard to costumer, add the quality funding officer to do the marketing, proactive to make sales programs and need to make a comprehensive also consistent marketing communication.
Kata Kunci : Strategi bersaing,Tabungan,Key succes factors,Core competence,Value chain,SWOT,Competitive strategy, savings account,key success factors,core competence,value chain analysis