Kategorisasi masalah interoperabilitas dalam sistem data warehouse :: Studi kasus pada PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
SUKMONO, Fajar Mochamad Suryo, Hargo Utomo, Dr., MBA., M.Com
2009 | Tesis | S2 Magsiter ManajemenPenelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris penyebab permasalahan interoperabilitas, kategorisasi permasalahan interoperabilitas di dalam dan solusi permasalahan interoperabilitas di dalam sistem Data Warehouse terkait integrasi dengan sistem-sistem lainnya pada sistem Data Warehouse PT. Bank Mandiri (Persero) tbk. Permasalahan interoperabilitas Data Warehouse diteliti dengan melakukan wawancara pada tingkat jabatan manajemen menengah karena terkait langsung dengan proses di dalam proses pengolahan data dalam sistem Data Warehouse yaitu setingkat kepala bagian, kepala seksi, senior manager dan programmer. Sedangkan sebagai pengguna (user) nara sumbernya adalah dari tim yang menangani pelaporan ke pihak ketiga (tim SID), menangani laporan ke management (tim PMS, MIS) dan menangani laporan portofolio kredit (tim Business Intelligence) yang memiliki latarbelakang pengalaman dan pendidikan komputer. Penelitian ini menunjukkan bahwa permasalahan akibat interoperabilitas di dalam sistem Data Warehouse sangat dipengaruhi oleh tingkat interoperabilitas software yang muncul karena terdapat interoperabilitas di dalam proyek pengembangan sistem aplikasi yang terintegrasi dengan sistem Data Warehouse di Bank Mandiri dan pengetesan sistem secara end to end sangat diperlukan untuk menghindari terjadinya kesalahan pada implementasinya. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa secara umum terdapat kesalahan inkonsistensi data yang disebabkan oleh interoperabilitas dalam software dalam bentuk perbedaan format dari field, record maupun formula yang digunakan oleh sistem aplikasi yang merupakan sumber data bagi sistem Data Warehouse yang melakukan pengolahan data untuk menghasilkan informasi baik kepada pihak internal maupun eksternal perusahaan.
This research is to prove the empirical cause of the interoperability problems, categorized the interoperability problems, and find the solution to solve the interoperability problems in Data Warehouse system that integrated to another application systems in PT. Bank Mandiri (Persero) tbk. Data Warehouse interoperabilty problems investigate by interview method with middle management that related to the Data Warehouse process. They are department heads, section heads, senior managers and programmers, the source information from users are the teams that handle the report to the third party (SID team), team that handle the report to the management (PMS, MIS team), team that provide loan portfolio information (BI team) with computer experiences and skills. This research have findings that interoperability problems in Data Warehouse system is related to interoperability that trigger by software application enhancement category and because the end to end testing is really needed to avoid problem in implementation stage. The research finding show that in general scope there are data inconcistency trigger by software interoperability. The inconsistency data are the result of different form of fields, records and even formulas that already changed in software application level, which is the application software is the data source for Data Warehouse system that process the data and provide information to management and third party like central bank as regulator
Kata Kunci : Interoperabilitas,Integrasi,Data warehouse