Laporkan Masalah

Strategi Rumah Sakit Umum Pemerintah Nasional (RSUPN) DR. Cipto Mangunkusumo dalam menghadapi persaingan jasa pelayanan medik

SIREGAR, Retno Ino Cence, Eko Budiwiyono, Drs., MBA

2009 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Globalisasi ekonomi yang terjadi menyebabkan terjadinya perubahan dalam lingkungan bisnis. Akibat globalisasi ekonomi terjadi pergeseran kekuasaan dalam pasar. Sebelumnya produsenlah yang menentukan produk dan jasa macam apa yang harus disediakan di pasar. Namun sekarang konsumenlah yang menentukan produk atau jasa macam apa yang harus disediakan di pasar. Persaingan yang semakin ketat inipun melanda industri rumah sakit. Rumah sakit yang terkena dampak dari globalosasi ini salah satunya adalah RSPUN Dr. Cipto Mangunkusumo. RSPUN Dr. Cipto Mangunkusumo merupakan rumah sakit yang terkenal di industri rumah sakit. Namun seiring dengan adanya perubahan dan persaingan yang ada saat ini maka RSPUN Dr. Cipto Mangunkusumo memerlukan suatu strategi untuk terus bertahan dan bahkan berkembang. Dengan menganalisa lingkungan ekternal dan internal, maka rumah sakit dapat mengetahui peluang, ancaman, kekuatan dan kelemahan yang ada serta dapat mempertimbangkan alternatif strategi yang akan dilakukan untuk menghadapi persaingan yang diperkirakan akan semakin marak. Dalam hal ini alternatif strategi yang diusulkan adalah dengan menerapkan strategi fokus dengan cara membidik pasar perusahaan-perusahaan dengan menawarkan paket medical check up, serta mengikuti seminar-seminar yang berkaitan dengan pelayanan jantung dan radioterapi dan ada hal yang harus menjadi perhatian yaitu pada masalah pembenahan internal perusahaan. Untuk dapat mewujudkan hal tersebut maka strategi yang dilakukan adalah dengan membuat marketing team, perbaikan fungsi human resources dan penggunaan sistem informasi

Current economic globalization had resulted transformations within the business environment. Economic globalization had also resulted power shifting in market. In the past days, producers defined varieties of products and services that should be available in the market. Nowadays, consumers defined products and services which should be available in the market. Tighter competition had also occurredd in hospitals. Among those who had been impacted by the globalization is National General Hospital RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo. The National General Hospital RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo is renown in hospital industry. But also with current changing and competition, National Government General Hospital RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo requires strategy for survival and as well as on growing developments. By analyzing the external and internal environment, hospitals will identify existing strength, weakness, opportunity, threat (SWOT) which may consider strategic alternativees in order to face competition which is believed to be greater, in order to continuously well maintained. Looking at the existing condition of the National Government General Hospital RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, internally as well externally, it is suggested that the alternative strategy is implementing focused strategyies by aiming the market by preparing a marketing team. This marketing team works by offering packages of medical check up for world-class hospitals to enterprises, as well as to promote distinguished service unit (radio-therapy clinic). Other strategy which should not be forgotten is managing enterprise internally. To be able to realize that, implementation of the strategy is to improve human resources and utilization of information technology. With all these various strategies, it can be expected to improve quality service of entire National Government General Hospital RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo.

Kata Kunci : Strategi,Karakteristik industri,rumah sakit,Kondisi pasar,Driving force,Key succes factors,SWOT


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.