Laporkan Masalah

Evaluasi penerapan sistim pengelolaan kinerja karyawan :: Studi kasus di PT Commonwealth life

ARITONANG, Mercy Enda Roseliyn, Gudono, Dr., MBA

2009 | Tesis | S2 Magsiter Manajemen

Adanya persaingan yang cukup ketat di dunia asuransi, menuntut perusahaan-perusahaan asuransi untuk mulai mengatur strategi agar dapat memenangkan persaingan termasuk strategi yang terkait dengan sumber daya manusianya. Sumber daya manusia yang berkualitas menjadi rebutan perusahaanperusahaan asuransi karena mereka percaya bahwa sumber daya manusia yang kompeten akan sangat membantu dalam mengembangkan perusahaan mereka. Dan hal ini juga disadari oleh, PT Commonwealth Life sebagai salah satu perusahaan asuransi yang sedang mengembangkan bisnisnya. Oleh karena itu, subsidiary dari Commonwealth Bank Australia (CBA) ini melihat pentingnya peran pengelolaan kinerja yang efektif dalam membantu pencapaian tujuan bisnisnya serta mempertahankan sumber daya manusia yang dimiliki saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan evaluasi penerapan sistem pengelolaan kinerja karyawan yang saat ini diterapkan oleh PT. Commonwealth Life sehingga dapat diidentifikasi faktor-faktor apa saja yang perlu ditingkatkan dan langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan efektifitasnya. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan survei serta interview kepada departemen sumber daya manusia dan para karyawan baik level manajerial maupun level non manajerial. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisa kualitatif dengan didasarkan pada pendekatan Best Practices yang dikemukakan oleh Rogerrs (2005) . Pendekatan ini menekankan pada 9 (sembilan) aktivitas dalam sistem pengelolaan kinerja suatu perusahaan sebagai indikator keberhasilan sistem tersebut. Peneitian ini juga melakukan analisa mengenai hubungan penerapan sistem pengelolaan kinerja karyawan yang saat ini diterapkan dengan motivasi karyawan. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa alignment antara target individual dan target perusahaan, serta keterlibatan manajer terutama dalam melakukan coaching dan pemberian umpan balik, termasuk didalamnya kemampuan mereka dalam melakukan kedua hal tersebut merupakan aktivitasaktivitas yang belum optimal diterapkan sebagai bagian penting dari sistem pengelolaan kinerja. Kesimpulan lainnya yang diperoleh adalah sistem pengelolaan kinerja yang saat ini diterapkan telah berdampak positif terhadap motivasi karyawan, yang disebabkan karena saat ini hasil dari penilaian kinerja terkait langsung dengan pemberian bonus karyawan yang dipahami sebagai imbal balik dari kinerja yang mereka telah lakukan selama setahun.

Tought competition has been arising recently in insurance industry, and become strong reason for insurance companies to start strategizing their action all over area of business, included their human resources. Most of insurance companies believe that qualified people would support them in winning the competition; therefore, they are trying to get more qualified people from the market and bring to their organization as well as retaining their current best employees. PT. Commonwealth Life as a subsidiary of Commonwealth Bank Australia (CBA) has similar concern about human resources management and accordingly, the effective performance management system is considered as a system that support business in achieving business target and retaining the best people in company. This research is intended to evaluate current employee performance mangement system in order to identify related factors that should be improved and provide likely improvement recomendations. Data is collected through survey and interview with Human Resources Departement, employee in managerial and non managerial level. Data collected has been analized by using qulitative method based on Best Practices approach that pronounced by Rogerrs (2005) This approach emphasizes on application of 9 (nine) activities as success indicators of Performance Management System. Analysis regarding relationship between current system performance management and employee motivation also applied on this research. Results of this research lead to the conclusions that the alignment between individual goals and company goals is not comprehensively completed since the company goals and target has not been cascaded down yet to become individual Key Performance Indicator. The other factor that should be improved also is related to involvement of manager in employee performance management by doing coaching and feedback to team or individu in team. They also should be upgraded their skill related to performance management by joining related training provided by company. This research also comes to the conclusion that current employee performance management system is related in increasing employee motivation. It is happened since the result of annual performance review always followed by individual yearly bonus that is comprehended as the reward for their performance.

Kata Kunci : Pengelolaan kinerja,Alignment,Coaching dan umpan balik,Motivasi karyawan, Performance Management,. Alignment, Coaching and Feedback, Employee Motivation


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.