Laporkan Masalah

Identifikasi faktor penentu ketertarikan pelanggan korporat untuk menggunakan layanan solusi push email

YUSTIARINI, Arlika, Hargo Utomo, Dr., MBA., M.Com

2009 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh 6 faktor utama penentu ketertarikan pelanggan segmen Korporat untuk menggunakan layanan solusi Push Email. Pelanggan segmen Korporat memiliki kategori tipe perusahaan lokal dan multinasional, sehingga identifikasi faktor juga akan dilihat dari perbedaan Penelitian mengenai efek ketertarikan sebelumnya, hanya didasarkan pada beberapa faktor penentu saja dan kebanyakan ditujukan untuk kategori produk consumer goods seperti minuman ringan, bir, dan coklat. Dalam penelitian ini ingin diketahui apakah dengan adanya perbedaan kategori produk dalam hal ini jasa layanan selular akan membedakan faktor utama / faktor yang kuat mempengaruhi efek ketertarikan dengan menggunakan kausal model efek ketertarikan yang terdiri dari enam (6) faktor yaitu : (1) Perceived Information Relevance, (2) Task Involvement, (3) Knowledge, (4) Decoy Similarity, (5) Perceived Decoy Popularity dan (6) Preference Strength. Metode penelitian memanfaatkan metode analisis faktor serta uji beda ANOVA untuk menentukan ketertarikan pelanggan Korporat untuk menggunakan layanan Push Email khususnya BlackBerry dan melakukan uji beda sehingga timbul variasi pembeda antar tipe Korporat lokal dengan multinasional. Survei dilakukan dengan mendistribusikan sejumlah 300 kuesioner yang berisi 24 pertanyaan ke TOP 300 pelanggan Korporat berdasarkan pendapatan dan jumlah pelanggan. Sebanyak 167 kuesioner berhasil dikompulir kembali sebagai representasi dari total 167 pelanggan Korporat. Hasil analisa faktor menempatkan dua faktor utama sebagai penentu atau dominan mempengaruhi efek ketertarikan yaitu Perceived Information Relevance dan Task Involvement. Empat faktor lainnya yaitu Product Class Knowledge, Decoy Similarity, Perceived Decoy Popularity dan Preference Strength hanya mendominasi 20% dari nilai Eigenvalue hasil output SPSS terhadap total 6 faktor efek ketertarikan. Jika dilihat dari tipe perusahaan bahwa dari enam faktor ternyata tidak membuktikan adanya perbedaan preferensi tipe pelanggan terhadap faktor ketertarikan.

The purpose of this research is to identify six main factors that influence attractiveness effect of corporate customers to use Push E-mail BlackBerry solution. Next, all six factors will be again identified in regards to the influence of attractiveness effects based on corporate type which is local or multinational Corporation. The previous research of attractiveness effect, only based on a few factors and most of them related to different product category such as consumer goods i.e : soft drinks, beers and chocolate. In this research, we need to identify whether if we applied these six factors to identify different product category which in this case will be Push E-mail BlackBerry solution, is there any significant difference related to the influence factors using causal model of attractiveness with following factors : (1) Perceived Information Relevance, (2) Task Involvement, (3) Knowledge, (4) Decoy Similarity, (5) Perceived Decoy Popularity dan (6) Preference Strength. The research method using factor analysis and also analysis of variance (ANOVA) to identify attractiveness effects Push E-mail BlackBerry solution. For the total of 300 questionnaire consist of 24 questions distributed to TOP 300 Corporate Customers based on revenue and customer base. In return, there are 167 of valid questionnaire compiled and analyzed as the representation of total 167 Corporation. The output shows that two overriding other four factors to influence the attractiveness effect which is Perceived Information Relevance and Task Involvement. Other four factors which is Product Class Knowledge, Decoy Similarity, Perceived Decoy Popularity and Preference Strength only contribute 20% from the total Eigenvalue points. If we also identify all six factors based on corporate type, from the analysis output, there is no significant difference from those six factors.

Kata Kunci : Efek ketertarikan,Layanan jasa selular segmen korporat,Solusi push email Blackberry, attractiveness effect, corporate business solution for cellular product category, Push E-mail BlackBerry solution.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.