Posisi motor matic Mio merek Yamaha terhadap pesaingnya menurut persepsi masyarakat D.I. Jogjakarta
MANSYUR, Muh, Sahid Susilo Nugroho, Dr., M.Sc
2009 | Tesis | S2 Magister ManajemenTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi posisi produk sepeda motor matic Mio Sporty merek Yamaha, terhadap pesaingnya terdekatnya yaitu sepeda motor matic Vario dan Beat menurut persepsi masyarakat di Kota Jogjakarta. Dari persepsi masyarakat dapat diidentifikasikan apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen, dan ditemukan peluangpeluang dan kelemahan motor matic tersebut. Sehingga dapat mengembangkan alternatif strategi pemasaran yang tepat berdasarkan hasil evaluasi terhadap posisi sepeda motor matic Mio Sporty merek Yamaha di masyarakat. Penelitian ini pada langkah awal menggunakan metode survei terbatas terhadap sekelompok kecil responden. Dan kemudian diuji dalam bentuk pre test, guna untuk mendapatkan atribut yang determinan. Selanjutnya hasil dari survei tersebut terhadap empat motor matic yang banyak digunakan oleh masyarakat Jogjakarta, dilakukan survei dalam bentuk kuesioner utama terhadap 250 responden. Hasil survei lapangan yang telah dilakukan, digunakan sebagai data input dalam membangun peta persepsi. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan kuesioner sebagai instrumen riset yang diolah melalui Correspondence Analysis (ANACOR). Uji validitas data pada penelitian ini menggunakan Content Validiy dan Face Validity. Uji reliabilitas data menggunakan Alpha- Cronbach melalui program SPSS, indikator realibilitas harus melebihi 0.5. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa posisi sepeda motor matic Mio Sporty merek Yamaha terhadap persaingannya yaitu Vario dan Beat adalah cukup baik dan cukup kuat, sehingga dapat dikatakan bahwa motor matic Mio Sporty adalah leader di kelasnya. Dari empat belas atribut yang diteliti yang digunakan untuk menilai posisi produk, secara keseluruhan posisi motor matic Mio Sporty adalah cukup baik. Sehingga dapat dikatakan bahwa posisi Yamaha Mio Sporty tersebut telah masuk benak konsumen sebagai sesuatu yang sangat positif dengan posisi yang kuat.
The objective of this research is to identify the position of an automatic-motorcycle, Yamaha Mio Sporty, to its competitors: Honda Vario and Honda Beat, based on the perception of people in Jogjakarta city. By using people perception, producer can identify the consumer needs and wants, as well as recognize the strengths and weaknesses if its automatic-motorcycle products. Therefore, by evaluating the position of Yamaha Mio Sporty in society, producer can deploy appropriate alternative marketing strategies. This research was started by doing a limited survey method on a small groups of respondents, and then continued by doing a pre-test to get determinant attributes. The next step was conducted survey using main questionnaire on 250 respondents. The results of that survey are used as inputs in constructing the perceptual mapping. The data in this research are collected by using questionnaires and processed by using Correspondence Analysis (ANACOR). The validity tests used in this research are Content Validity and Face Validity. Alpha-Cronbach method was used as the data reliability test, and it was done by using computer software SPSS. The results of this research indicated the position of Yamaha Mio Sporty is better and stronger than both Honda Vario and Honda Beat. It means Yamaha Mio Sporty could be said as the leader in its class. From fourteen attributes that used to analyze the product position, Yamaha Mio Sporty has quite good position. Therefore, this research found Yamaha Mio Sporty has been perceived by consumers as something good with strong position.
Kata Kunci : Motor matic,Positioning,Peta persepsi,Correspondence analysis berbasis atribut, Automatic- motorcycle, Positioning, Perceptual Mapping, Attribute Based- Correspondence Analysis