Strategi bersaing Facebook dalam menghadapi kompetisi penyedia layanan jejaring sosial (social networking) di internet
NUGROHO, Andhy Setiyo, Fahmi Radhi, Dr., MBA
2009 | Tesis | S2 Magister ManajemenPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi bersaing yang digunakan Facebook selama ini sudah cukup efektif dalam menghadapi persaingan pasar, mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan serta peluang dan tantangan yang dihadapi Facebook serta menganalisa apa yang menjadi key success factor dari Facebook. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT, model Five Forces Porter dan analisis key success factor. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Facebook telah menerapkan strategi bersaing yang tepat dan efektif dengan memilih fokus pada segmen pasar anak muda usia sekolah dan kampus, menyediakan desain situs yang sederhana dan cepat, dan kemudian melengkapi layanan tersebut dengan keamanan privasi yang mudah digunakan.
This research paper trying to identify if current Facebook’s strategy still effective to implement on current market competition, identify strength and weakness, opportunity and threats that Facebook may have and also identifying what are the Facebook’s key success factors. The research will be using SWOT analysis, Porter’s Five Forces Model, and key success factor analysis. From the research can be summarized that Facebook already implementing an effective strategy which focused on school/college market segmen, served them with simple and fast website accessible from all over the word and secured them with easy to use privacy setting.
Kata Kunci : Strategi bersaing,Facebook,Analisa SWOT,Porter five forces,Key success factor