Laporkan Masalah

Evaluasi strategi bisnis PT Asuransi Umum Bumiputeramuda 1967

DALIMUNTHE, Achmad Sudiyar, Hani Handoko, Dr., MBA

2009 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi strategi bisnis PT Asuransi Umum Bumiputeramuda 1967 (Asuransi Bumida Bumiputera) dengan menggunakan kriteria Rumelt (2000), serta merumuskan kembali strategi bisnis perusahaan sebagai alternatif pada periode mendatang. Strategi bisnis Asuransi Bumida Bumiputera telah disusun untuk periode 2003 – 2008. Evaluasi dilakukan pada visi, misi, tujuan, strategi bisnis dan program kerja perusahaan. Dalam evaluasi tersebut dilakukan analisis berkaitan dengan konsistensi (consistency), konsonan (consonance), keunggulan (advantage) dan kelayakan (feasibility). Data yang dianalisis diperoleh dari strategi bisnis Asuransi Bumida Bumiputera untuk periode tahun 2003 – 2008. Data industri asuransi umum diperoleh Departemen Keuangan RI dan Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI). Hasil analisis menunjukkan bahwa proses strategi bisnis Asuransi Bumida Bumiputera telah terlaksana sesuai yang ditetapkan, meskipun sasaran akhir untuk menjadi 10 besar pasar retail asuransi umum belum tercapai. Hal ini dikarenakan faktor internal masih belum sempurnanya dukungan internal dalam bentuk penyiapan sarana dan teknologi. Sedangkan faktor eksternal adalah tingginya persaingan industri asuransi umum yang mendorong para pesaing untuk meningkatkan pencapaian produksi masing-masing. Perusahaan direkomendasikan agar strategi bisnis lima tahun kedepan (2008 – 2012) masih tetap berupaya mencapai 10 besar pasar asuransi umum dengan sasaran pertumbuhan perusahaan menjadi asuransi yang lebih sehat

The goal of this research ini to evaluate the business strategy of PT Asuransi Umum Bumiputeramuda 1967 (Bumida Bumiputera) with use a criteria from Rumelt (2000), and to rearrange the company’s business strategy as the arterna tive for the next period. The business strategy of Bumida Bumiputera have to arrange for the period of 2003 – 2008. The evaluation of vision, mission, goal, business strategy and action plan, and than analyze a consistency, consonance, advantage and feasibility. The data that analized take from Bumida Bumiputera’s business strategy for period year 2003 – 2008. The data of general insurance industry (AAUI). The result of the analysis show that Bumida Bumiputera business strategy process was done and match with the plan. The final goal for become the big 10 for retail market of general insurance did’t done, because the internal factors supporting for vehicle and technologies still unperfect. The external factors , wich is the high competiton in general insurance industry have pressed the competitors to up each production. This tesis recommend to the company for the business strategy next 5 year (2008 – 2012) still try to achieve the big 10 for general insurance market with the better health condition for the insurance growth.

Kata Kunci : Strategi bisnis,Rumelt (2000),Asuransi umum,business strategy, Rumelt (2000), general insurance


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.