Laporkan Masalah

Strategi pemasaran PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors untuk produk kendaraan niaga ringan 4X2 dalam menghadapi Daihatsu Gran Max

RAHMAN, Adam, Iin Mayasari, Dr., MM

2009 | Tesis | S2 Magiater Manajemen

Industri otomotif menjadi salah satu industri yang mengalami perkembangan cukup pesat di Indonesia. Hal ini Mengakibatkan persaingan yang meningkat antar perusahaan kendaraan bermotor untuk mempertahankan dan memperbesar pasar. Persaingan makin tinggi karena konsumen yang makin ketat dalam menentukan dan memilih produk yang akan digunakan. PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) sebagai pemegang merek kendaraan Mitsubishi berusaha mempertahankan pasar kendaraan niaga ringan 4x2 melalui produk T120SS dari produk pesaing terutama Daihatsu Gran Max. Penelitian ini bertujuan untuk mempertahankan pasar T120SS dari pesaing dengan mendeskripsikan dan melakukan evaluasi strategi pemasaran KTB yang meliputi product, place, price dan promotion terhadap produk Daihatsu Gran Max. Sehingga KTB dapat mempertahankan pasar di kelas kendaraan ringan 4X2 dan analisis SWOT untuk menentukan formulasi bauran pemasaran yang tepat. Penelitian dengan wawancara dengan pihak Marketing Division KTB yang meliputi Marketing group (PC & LCV Dept), Sales Group (Sales Planning Dept), dan Sales Communication Group (Advertising & Promotion Dept) dan melakukan penelitian kepustakaan. Hasil evaluasi dan analisis SWOT adalah KTB telah melakukan aktivitas bauran pemasaran dalam hal produk, tempat, harga, dan promosi. Aktivitas marketing yang berkesinambungan meliputi 4 komponen bauran pemasaran akan membantu KTB mempertahankan pasar pada kelas kendaraan niaga ringan

The automotive industry is one of the industries that have been growing rapidly in Indonesia. The competition among manufacturers and sole distributors is increasing to get the customers and take the big portion in market. Competition becomes difficult because customers are more selective to select and use the product. PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) as the sole distributor of Mitsubishi brand has been trying hard to maintain and to win the competition in 4x2 class light commercial vehicle with T120SS from the main competitor, Daihatsu Gran Max. Research objective of this study is to maintain T120SS market from the competitor by giving description and evaluation to KTB’s marketing strategy of product, place, price and promotion from Daihatsu Gran Max. Thus, KTB could maintain and win the class 4x2 light commercial vehicle and SWOT analysis to help formulate the right marketing mix formulation. The research method was conducted by interviewing KTB Marketing division such as Marketing group (PC and LCV Dept), Sales Group (Sales Planning Dept) and Sales Communication Group (Advertising and Promotion Dept) and by conducting library research. The Result of evaluation and SWOT analysis was done with the marketing mix strategy in terms of product, place, price and promotion. Continuous activity to perform these four components of marketing mix will support KTB to maintain and increase the class of light commercial vehicle.

Kata Kunci : Mitsibishi,Strategi pemasaran,Analisis SWOT,Bauran pemasaran, Mitsubishi, Strategic Marketing, SWOT Analysis, Marketing Mix


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.