Analisis strategi PT Dharma Karsa Utama dalam menghadapi persaingan industri percetakan di Jakarta
YUDHONO, Giri, Harsono, Dr., M.Sc
2009 | Tesis | S2 Magister ManajemenIndustri percetakan nasional adalah industri yang memiliki karakteristik laba tinggi dan dengan banyak pemain didalamnya seiring dengan meningkatnya kebutuhan manusia terhadap produk yang dihasilkan dalam industri ini. Industri percetakan terbagi menjadi perusahaan percetakan, penerbit media, penerbit dan percetakan universitas, perusahaan packaging, dan perusahaan design dan repro. PT. Dharma Karsa Utama (PT DKU) adalah salah satu perusahaan keluarga besar yang bergerak dalam bidang usaha percetakan, dengan kegiatan utamanya adalah melayani pencetakan buku, majalah dan lain-lain. PT DKU telah berpengalaman selama 27 tahun dalam industri percetakan dan memiliki hubungan baik dengan pelanggan yang selama ini menopang PT DKU tetap beroperasi. Ditengah ketatnya persaingan dalam bisnis percetakan nasional dan perubahan lingkungan eksternal yang memberikan peluang dan ancaman maka PT DKU memerlukan suatu perumusan strategi dalam rangka menangkap peluang eksternal dengan menggunakan kekuatan yang dimiliki dan menghindari ancaman dengan menggunakan kekuatan yang ada. Penelitian ini memberikan suatu pola perumusan strategi yang mengacu kepada Visi dan Misi perusahaan dengan senantiasa melihat perubahan lingkungan eksternal dan lingkungan internal perusahaan. Analisa terhadap lingkungan eksternal persaingan menggunakan analisa lima kekuatan Porter dan Key Success Factor, dan analisa lingkungan eksternal non persaingan yang meliputi lingkungan demografi, politik, peraturan pemerintah dan ekonomi. Sedangkan analisa lingkungan internal meliputi analisa value chain PT DKU dan Uji Competitive Advantage. Hasil penelitian ini adalah beberapa strategi yang dapat diambil oleh PT DKU setelah mengevaluasi perubahan dalam lingkungan eksternal dan internalnya dengan tetap mengacu kepada visi dan misi PT DKU.
The national printing industry is a high profit industry with many players involved since the increase of human needs to this industry’s product. Printing industry comprises printing company, media printing, university printing, packaging company and design and reproduction company. PT Dharma Karsa Utama (PT DKU) is one of the largest family-owned companies’ plays in printing industry with its main activity is books and magazine printing. PT DKU has 27 years experience in printing industry and possesses an intense relationship with its customers which support its long term production capacity to be profitable. In such fierce competition and the change of external environment which led to new threats and opportunities, PT DKU needs a strategic formulation in order to reap the external opportunity uses its strength and avoid the external threat uses its strength. This research tries to develop a strategic formulation pattern which refers to company’s vision and mission and continuously evaluate the change in company’s external and internal environments. The external competition environment analysis adopted the Porter’s five forces analysis and the key success factor analysis, while the external non-competition environment analysis comprised the demographic, economic, politic, and government regulations environment analysis. Internal analysis comprises the value chain analysis and the competitive advantage test on PT DKU. The result gives some strategies that could be undertaken by PT DKU after evaluating its external and internal environments which refers to the vision and mission of PT DKU itself.
Kata Kunci : Inustri percetakan,Analisis value chain,Uji competitive advantage,Analisis lima kekuatan persaingan Porter,Analisis key success factor ; printing industry, value chain analysis, competitive advantage test, Porter’s five force, and key success factor ana