Laporkan Masalah

Strategi bersaing dalam penghimpunan dana pihak ketiga kasus pada Bank X (Persero) Tbk

SITOMPUL, Grace Winnee Malia, Harsono, Dr., M.Sc

2009 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Strategi merupakan perbuatan dan tindakan yang diambil manajer di pasar untuk meningkatkan kinerja keuangan perusahaan, memperkuat posisi persaingan dalam jangka panjang, dan memperoleh keunggulan kompetitif dari pesaing. Dalam proses pembuatan dan pelaksanaan strategi, terdapat lima fase yang harus dilalui manajemen (John E. Gamble, et al. 2008) sebagai proses yang saling terkait dan terintegrasi yaitu: (1) mengembangkan visi strategis, (2) menyiapkan tujuan, (3) menciptakan strategi untuk mencapai tujuan dan visi, (4) mengimplementasi dan mengekseksi strategi, dan (5) memonitor, mengevaluasi kinerja, dan melakukan penyesuaian untuk perbaikan. Perbankan merupakan industri yang sangat kompetitif dan menjadi indikator pertumbuhan perekonomian suatu negara. Fungsi utama lembaga perbankan adalah menghimpun dana masyarakat dan menyalurkannya dalam bentuk kredit. Dalam menjalankan bisnis, perbankan juga berpijak dari fungsi utama tersebut berupa strategi bersaing dalam penghimpunan dana pihak ketiga dan pengucuran kredit. Tingkat persaingan dalam industri perbankan semakin meningkat terutama sejak Bank Indonesia menetapkan Arsitektur Perbankan Indonesia (API), sehingga dituntut kreatifitas dan inovasi dari manajemen perbankan untuk dapat memenangkan persaingan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama lima tahun terakhir, Bank X merupakan pemimpin pasar perbankan nasional dalam perolehan total dana pihak ketiga. Dalam rangka mempertahankan posisi tersebut, Bank X membutuhkan strategi bersaing yang telah disesuaikan dengan kapabilitas dan target pasar yang dituju. Saat menyusun strategi bersaing, beberapa alat analisis yang dapat digunakan manajemen adalah five forces model of competition untuk menilai persaingan industri, SWOT analysis untuk menilai kemampuan sumber daya yang dimiliki dan kekuatan dalam menghadapi persaingan, dan strategic group mapping untuk mengetahui peta persaingan dalam suatu industri. Berdasarkan analisis strategic mapping group ditemukan pesaing terdekat Bank X adalah BRI dan BCA dalam penghimpunan DPK, khususnya mengenai jaringan melalui kantor cabang dan ATM, jumlah dana dan rekening tabungan. Berdasarkan hasil penelitian, beberapa strategi bersaing yang dapat dilakukan Bank X dalam penghimpunan dana pihak ketiga antara lain melakukan ekspansi bisnis di luar pulau Jawa melalui penambahan jumlah cabang, penyelenggaraan program marketing yang lebih komprehensif khususnya simpanan tabungan, mempertahankan dan meningkatkan kualitas layanan prima di cabang maupun electronic channel.

Strategy is the actions and moves in the marketplace that mangers are taking to improve company’s financial performance, strengthen its long-term competitive position, and gain a competitive edge over rivals. The managerial process of crafting and executing a company’s strategy consists of five interrelated and integrated phases (John E. Gamble, et al. 2008): (1) developing a strategic vision, (2) setting objectives, (3) crafting a strategy to achieve the objectives, (4) implementing and executing the chosen strategy efficiently and effectively, (5) evaluating performance and initiating corrective adjustments. Banking industry is very competitive and become indicator of a country economic growth. Primary function of banking is to collect funding from citizens then distribute it in credit. When implementing business, bank also stands on its function in form of competitive strategy for funding and credit. Competitive pressure in banking industry is more competitive since Bank Indonesia launched Arsitektur Perbankan Indonesia (API) and force banking managers to become more creative and innovative to win the competition among others. Base on research, Bank X is a market leader of third party funding in Indonesia for five years. To sustain the market leader position, Bank X needs competitive strategy which are adjusted with its capability and target market. When crafting competitive strategy, some of analytical tools could be used by managers such as five forces model of competition to asses industry competitiveness, SWOT analysis to asses its source ability and strength in competition, and strategic group mapping to identify competitive mapping in certain industry. According to strategic group mapping, Bank X close competitors are BRI and BCA when compete for funding especially for networking in branch and ATM, total funding and account numbers of saving account. According to the research, competitive strategy for collecting fund that could be executed by Bank X such as expansion business out side Java by opening new branches, launching more comprehensive marketing program especially for saving accounts, sustaining and improving prime service quality in branches and electronic channels.

Kata Kunci : Strategi bersaing,Dana pihak ketiga,Perbankan,Five forces model of competition,SWOT analysis,Strategic group mapping


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.