Formulasi strategi pada industri apotek dengan konsep pharmaceutical care
GUSMANTO, Agus Setiawan, Dr., M.Soc.Sc
2009 | Tesis | S2 Magister ManajemenStudi ini bertujuan untuk memformulasikan strategi bersaing organisasi apotek berdasarkan konsep Pharmaceutical Care. Pharmaceutical Care merupakan konsep baru dalam dunia kefarmasian yang lebih mengutamakan pasien (patient oriented) dalam pelayanannya. Konsep baru ini menitikberatkan peran apoteker untuk berperan lebih aktif dalam melayani pasiennya di apotek. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus yang dilaksanakan dengan jalan membandingkan penerapan konsep Pharmaceutical Care pada apotek benchmark dengan apotek tempat studi. Data – data yang digunakan berasal dari hasil observasi dan wawancara yang dilakukan pada Apoteker Pengelola Apotek benchmark terkait dengan penerapan Pharmaceutical Care di apotek tersebut. Hasil yang diperoleh digunakan untuk merumuskan strategi apotek tempat studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukan banyak kelebihan yang diperoleh pasien ketika konsep Pharmaceutical Care diterapkan di apotek. Banyaknya kelebihan yang dinikmati pasien membuat konsep ini dapat menjadi dasar strategi bersaing apotek. Berikut adalah hasil formulasi strategi apotek tampat studi kasus. Visi : Menjadi apotek pilihan masyarakat yang menyediakan obat bermutu, aman, lengkap dan terjangkau dengan melaksanakan konsep Pharmaceutical Care. Misi : menyediakan obat, alat kesehatan dan kosmetik ringan yang berkualitas, aman dan terjangkau masyarakat, memberikan pelayanan kefarmasian yang komprehensif pada masyarakat berdasarkan prinsip Pharmaceutical Care dan berperan aktif bersama profesi kesehatan lain dalam meningkatkan kemajuan dibidang kesehatan dan kefarmasian. Sedangkan langkah – langkah strategis yang akan dilakukan adalah rekruitmen tenaga profesi baru, perbaikan layanan apotek, perbaikan sistem informasi apotek, pembuatan database pasien dan membangun komunikasi aktif dan hubungan yang baik dengan stakeholder.
The study purposed to formulate the competed strategy of Apotheke orginization based on the Concept of Pharmaceutical Care. Pharmaceutical Care is a new concept in Pharmaceutical study which more concern in the patient service (patient oriented). This new concept focus on the pharmasist’s role to to be more active in serving the patients in the Apotheke. This research is a case of study research which is organized by comparing between the application of the concept of Phamaceutical Care in benchnmark and the application of the concept of Pharmaceutical Care in the Apotheke where the study has been done. The datum which are used come from the observation result and interview which are done from the benchmark’s officer by applying Pharmaceutical Care in the apotheke where the research has been done. The result is used to formulate the pharmaceutical strategy in which the case of the study has been done. The result of the research shows many advantages for the patients when the concept of Pharmaceutical Care is done in the apotheke. As many advantages that patients have, the concept of Pharmaceutical Care becomes the basic strategy to compete with other apotheke. Here are the formulation results of pharmaceutical strategy in which the research was done. Vision: Becoming a choosed apotheke which provide the qualified, safe, complete, and cheap medicines for the society by applying the concept of Pharmaceutical Care. Mission: Providing the medicines, medical tools, and cosmetics which are qualified, safe, and cheap for the society. The mission is also to give the comprehensive service of the pharmaceutical store for the society based on the Principals of Pharmaceutical Care and to join with other medical professionals in gaining the medical and pharmaceutical world. Then, the steps which want to be performed are doing requitment of new professional medical officers, increasing the system of pharmaceutical information, making patients’ database, instructing the active communication, and having a good relationship with stakeholders.
Kata Kunci : Pharmaceutical care,Patient oriented,Apotek Benchmark