Laporkan Masalah

Analisis atribut yang mempengaruhi preferensi pembelian tiket pesawat Garuda Indonesia secara online

DAMAYANTI, Agnes, Sahid Susilo Nugroho, Dr., M.Sc

2009 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis atribut-atribut yang mempengaruhi preferensi pembelian tiket pesawat Garuda Indonesia secara online. Peneliti memfokuskan pada responden yang pernah melakukan pembelian tiket pesawat Garuda Indonesia secara online. Terdapat beberapa variabel yang digunakan dalam penelitian ini, antara lain: kenyamanan, informasi, keamanan, dan harga yang merupakan variabel bebas, dan preferensi pembelian secara online yang merupakan variabel terikat. Pengambilan data dilakukan dengan metode purposive sampling melalui penyebaran kuesioner. Dari penelitian ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa semua variabel bebas yang terdiri dari kenyamanan, informasi, keamanan, dan harga berpengaruh positif terhadap preferensi pembelian tiket pesawat Garuda Indonesia secara online. Hal ini membuktikan bahwa apabila dimensi kenyamanan, informasi, keamanan, dan harga meningkat maka preferensi pembelian tiket pesawat Garuda Indonesia secara online juga akan meningkat dan sebaliknya.

This research is conducted to analyze attributes that affect online shopping preference of Garuda Indonesia online ticketing. Researcher focused on respondents who have ever done online airplane ticket purchasing. Several variables used in this research are convenience, information, security, and price as independent variables, and online shopping preference as dependent variable. The data was taken by using purposive sampling method through questionnaires and interpreted using multiple regressions. The analysis of the data showed that all of the independent variables that included convenience, information, security, and price affected online shopping preference significantly. It proved that the more convenience, information, security, and price, the higher online shopping preference that Garuda Indonesia has and vice versa.

Kata Kunci : Preferensi pembelian secara online,Atribut produk, Online Shopping Preference, product attribute.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.