Strategi pengembangan agrowisata Kampoeng Kopi Banaran PTPN IX (Persero) Semarang
PURBA, Ismi, Prof. Dr. Ir. Dwidjono Hadi Darwanto, MS
2009 | Tesis | S2 Magister Manajemen AgribisnisPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi Agrowisata Kampoeng Kopi Banaran, Semarang. Penelitian ini juga untuk mengevaluasi dan merumuskan implementasi strategi pengembangan yang terbaik dan cocok bagi Agrowisata Kampoeng Kopi Banaran, untuk menghadapi persaingan dan perubahan lingkungan eksternal. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei-Juni 2009. Evaluasi strategi pengembangan pada Agrowisata Kampoeng Kopi Banaran dilakukan dengan metode analisis deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, wawancara, observasi, dan studi literatur. Metode analisis data menggunakan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats), yang dipakai untuk mengidentifikasi faktor lingkungan internal (kekuatan & kelemahan) dan faktor lingkungan eksternal (peluang & ancaman) perusahaan. Sebelumnya, dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas untuk menentukan apakah data termasuk valid dan reliabel. Hasil analisis kemudian digambarkan dalam kuadran SWOT dan diinterpretasikan pada matriks SWOT sehingga bisa diperlihatkan posisi dan arah perkembangan perusahaan dan alternatif strategi yang bisa dijalankan. Berdasarkan hasil penelitian terlihat bahwa Agrowisata Kampoeng Kopi Banaran berada pada kuadran I (pertama) dengan wilayah peluang lebih besar dari kekuatan, sehingga perusahaan harus bisa memanfaatkan peluang dengan menggunakan kekuatan yang ada. Berdasarkan hasil analisis menggunakan metode Matrik Internal Eksternal (IE Matrix), Agrowisata Kampoeng Kopi Banaran berada pada posisi sel I, yaitu posisi tumbuh dan kembangkan.Berdasarkan hasil tersebut, perusahaan harus menerapkan strategi yang tepat yaitu strategi intensif (intensive strategy) agar dapat tetap bertahan dalam menghadapi persaingan yang ada
This research aimed to identify and analyze the strengths, weaknesses, opportunities and threats factor faced by Agrowisata Kampoeng Kopi Banaran, Semarang. And, it also aimed to evaluate and formulate the best and the compatible implementation of the development strategies for Agrowisata Kampoeng Kopi Banaran, and to face the competitiveness and external environmental. This research was conducted in May-June 2009. Evaluation on the development strategies of Agrowisata Kampoeng Kopi Banaran was done under the descriptive analysis method. The methods of data collection applied in this research were questionnaires, interviews, observations, and literature studies. The data analysis method uses the SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats) analysis, which is used to identify the internal factors (strengths & weaknesses) and the external factors (opportunities & threats) of the company. Before the identification, the validity and reliability test were done to determine whether the data was valid and reliable. The results of the analysis were described in the SWOT quadrant and then interpreted on the SWOT matrix. Thus, the position and direction of the company’s growth and applicable strategy alternatives can be elaborated. Based on the results, it shows that the position of Agrowisata Kampoeng Kopi Banaran is in the first quadran, having the bigger opportunities than its strengths. Consequently, the company should be able to take the opportunities and use the strengths. Based on the results of IE Matrix method, it shows that the position of Agrowisata Kampoeng Kopi Banaran is in the first cel which called growth and developing position. It suggests that the company should be apply the intensive strategy to maintain position in the competition.
Kata Kunci : Pengembangan, Strategi,Agrowisata Kampoeng Kopi Banaran, Analisis SWOT, Development, strategy, Agrowisata Kampoeng Kopi Banaran, SWOT analysis.