Arahan penataan ruang jalan di Jalan DR. Rajiman Coyudan Solo ditinjau dari setting fisik dan aktivitas pengguna ruang kawasan
WULANDARI, Fitri, Ir. Sigit Sayogya Basuki, MS
2009 | Tesis | S2 Teknik Arsitektur DKBSecara geografis Kawasan Coyudan terletak di timur Kota Surakarta. Kawasan ini menghubungkan bagian timur dan bagian barat Kota Surakarta dan Kota Solo dengan kota Yogyakarta dan Sukoharjo. Kawasan yang terletak antara Keraton Kasunanan dan Pura Mangkunegaran ini juga merupakan penghubung daerah komersial di sekitarnya, yaitu antara Pasar Klewer dengan Pasar Singosaren, serta Kawasan Nonongan dengan Kawasan Singosaren. Kawasan Coyudan merupakan kawasan yang padat, baik oleh bangunan maupun aktivitas kawasan. Padatnya aktivitas fomal kawasan memicu tumbuhnya sektor informal, yaitu PKL. Selain itu, padatnya bangunan mengakibatkan penggunaan jalan untuk parkir pengunjung kawasan. Kepadatan ini ditambah dengan aktivitas lalu lintas di kawasan ini, dimana jalur ini merupakan jalur utama menuju kawasan perdagangan Singosaren, serta merupakan jalur penghubung antara kota solo dengan kota sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menata ruang Jalan DR Rajiman, Coyudan Solo agar dapat mewadahi aktivitas penggunanya. Dengan fokus pada elemen fisik dan aktivitas di kawasan. Proses penelitiaan menggunakan metode kualitatif eksploratif dengan pendekatan fenomenologi dan dianalisis secara induktif. Metode ini mendudukkan teori sebagai background knowledge, di mana proses penyusunan arahan penataan tertumpu pada fenomena yang ada di lapangan yang disusun dalam unit-unit informasi. Dari hasil pengamatan di lapangan, terdapat beberapa temuan, Toko yang menjadi magnet di kawasan Coyudan hanya sebagian kecil, yang berdampak sepinya parkir di tempat-tempat tertentu. Mayoritas kendaraan yang melintas tidak berhenti di kawasan, Pejalan kaki berjalan di ruang yang tidak digunakan oleh aktivitas pengguna yang lain dan alasan PKL berjualan di Coyudan bukan hanya karena kawasan ramai pengujung, namun juga karena mudah diakses. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini diwujudkan pada arahan penataan jalur pedestrian dan jalan. Penataan jalur pedestrian sebagai jalur pejalan kaki yang menyediakan elemen yang memberikan kenyamanan bagi pejalan kaki serta dapat mewadahi PKL. Penataan jalan sebagai jalur sirkulasi lalu lintas yang dapat mewadahi aktivitas parkir kawasan. Arahan tersebut menjadi dasar untuk memberikan saran kepada pihak terkait yaitu pemerintah kota Solo, perencana dan perancang kawasan dan peneliti. Arahan tersebut berupa bagaimana menata kawasan Jalan DR Rajiman, Solo dalam upaya menghidupkan kembali kawasan tersebut.
Geographically the region coyudan located in east the Surakarta city, this region connect the eastern part and the western part of the Surakarta city and the solo city with the Yogyakarta city and sukoharjo, the region that located between the palace kasunanan and the temple mangkunegaran this also become the commercial regional connector around it, that is between the market klewer and the market singosaren, as well as the region nonongan with the region singosaren. The region coyudan is the densely populated region, both by the building and the activity of the region, activity congestion fomal the region trigger the growth of the informal sector, that is pkl, moreover, building congestion result in the use of the road to park the region visitor, this density is increas with the activity of the traffic in this region, where this route is the main route towards the trade region singosaren, as well as is the connecting route between the solo city and the surrounding city This research aim at organising road space Dr rajiman, coyudan the solo so that could mewadahi the activity of his user, with the focus in the physical element and the activity in the region, the process penelitiaan us the qualitative method eksploratif with the phenomenology approach and is analys inductively, this method put the theory into perspective as background knowledge, where the process of the compilation is direct by the arrangement support on the available phenomenon in the field that is compile in information units From results of observation in the field, is gotten by several findings, the shop that became the magnet in the region coyudan only a small part, that had a quiet impact him park in certain places, the vehicle majority that pass by did not stop in the region, the pedestrian walk in space that is not us by the activity of the other user and the reason pkl sold in coyudan (at this time) not only because of the busy region pengujung, but also because of being easy to be access. The conclusion that is received from this research is realized in the directive of the route arrangement pedestrian and the road, the route arrangement pedestrian as the pedestrian 's route that provid the element that gave comfort for the pedestrian as well as could to provide a place for pkl, the road arrangement as the circulation route of the traffic that could provide a place for the activity park the region This directive became the foundation to give suggestion to the related side that is the government of the Solo city, the planner and the designer of the region and the researcher. This directive take the form of how organised the region of Street Dr Rajiman, Solo towards turn on came back this region.
Kata Kunci : ruang jalan, setting fisik, aktivitas kawasan, street space, physical setting, activity in the region