Studi evaluasi maanjemen operasional Dermaga Laut Serui
WORABAI, Ruben, Prof. Sr. Ir. Budi Wignyosukarto, Dip.HE
2009 | Tesis | S2 Teknik SipilPemerintah Daerah dituntut untuk mampu memberikan pelayanan yang lebih berkualitas, dalam arti lebih berorientasi kepada aspirasi masyarakat, lebih efisien, efektif dan bertanggung jawab (responsible). Peningkatan kualitas pelayanan dermaga Laut Serui perlu ditinjau melalui manajemen operasional.Maksud dan tujuan penelitian sebagai masukan kepada Pemerintah Daerah (Kantor Pelabuhan Laut Serui) agar dapat memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat /pelanggan serta menetapkan target peningkatan kinerja Pelabuhan sekaligus sebagai bahan untuk perencanaan pembangunan dermaga Serui kedepan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis data dari tahun 2000 s/d 2007. Berdasarkan data tersebut dilakukan prediksi menggunakan simple linier regression untuk arus penumpang, arus kunjungan kapal, pengantar/penjemput pada tahun 2018. Hasil prediksi tersebut digunakan untuk analisis evaluasi kinerja Pelabuhan Laut Serui. Berdasarkan Hasil evaluasi tahun 2001 ,2005 ,2006 dan 2007 penggunaan dermaga yang hampir melebihi Rekomendasi dari UNCTAD yaitu 47 % sehingga perlu ada peningkatan dermaga. Tetapi bila dilihat dari nilai BTP yang sangat kecil dengan rata-rata 136 ton/m , artinya bahwa belum memerlukan penambahan dermaga akan tetapi lebih ditingkatkan lagi kinerja pelabuhan terutama dari segi peralatannya dalam menangani bongkar muat. Kantor Pelabuhan Serui kualitas pelayanan dermaga masih perlu mengalami perbaikan.dan belum banyak memberikan kontribusi bahkan birokrasi pelayanannya belum mampu untuk menyelenggarakan pelayanan yang prima.
The Regional Government is claimed to give more quality of service, it means that more community aspiration oriented, more efficient and responsibility. The increase of service quality in Serui Pier has to investigate through the operational management. The aim of this research is anevaluation of influence of the Regional Government in particular The Serui Pier Office to give a prime service to the community/customers and to determine the main goal which is the increasingly of Pier work as a material to the development planning of Serui Pier forwards. This research methode use the data analysis from 2000 – 2007. Based on that data, the prediction use the simple linier regression for the flow of passenger, the flow of ship arrival and the flow of persons who accompany and pick up the passenger in 2018. The result is used for analyze the work evaluation of Serui Pier. Based on the evaluation result in 2001, 2005, 2006 and 2007 the utilizing of the Pier almost exceed the recommendation of UNCTAD which is 47% so it needs a pier upgrading. But if we look at BTP value which is very small with average 136 ton/m, it means that pier don’t need the increment yet, but it has to be more enhance at pier work especially in the loading and discharging equipment. The service quality of Serui Pier Office needs to improved because they haven’t been give a good contribution yet even the bureaucracy service is unable to give the prime service to the community.
Kata Kunci : Kinerja operasional dermaga,Pelayanan publik, Operational Pier Work, Public Service