Partisipasi masyarakat dalam pembangunan unit sekolah baru (USB) SMA 1 Konda melalui program blockgrant di Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan
ASRUDDIN, Ir. Bambang Hari Wibisono, MUP., M.Sc., Ph.D
2009 | Tesis | S2 MPKDProgram blockgrant pembangunan unit sekolah baru (USB) SMA merupakan salah program dengan mekanisme partisipasi masyarakat dalam penyediaan sarana dan prasarana sekolah di daerah-daerah terpencil yang belum memiliki fasilitas pendidikan SMA serta meningkatkan pengembangan sumber daya manusia melalui pendidikan dan tanggung jawab bersama antara pemerintah, masyarakat dan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses partisipasi masyarakat melalui bentuk dan tingkat partisipasinya dalam pembangunan unit sekolah (USB) SMA melalui program blockgrant serta mendeskripsikan faktor-faktor yang mendorong masyarakat untuk berpartisipasi. Penelitian menggunakan pendekatan metode deskriptif kualitatif dengan analisis data secara kuantitatif dan kualitatif yang selanjutnya diverifikasi dengan beberapa teori atau konsep. Alat penelitian yang digunakan melalui wawancara, kuesioner, dan dokumentasi dengan teknik pengambilan sampel bertujuan (purposive sampling). Lokasi penelitian di Kabupaten Konawe Selatan Kecamatan Konda Provinsi Sulawesi Tenggara. Berdasarkan verifikasi teori atau konsep dengan beberapa indikator temuan di lapangan menjelaskan bahwa tingkat partisipasi masyarakat jika kaitkan dengan tangga partisipasi Arnstein berada pada ketegori†Citizen Power†hal ini terlihat dengan adanya kerjasama, pengarahan dan kontrol yang dilakukan oleh masyarakat dalam keterlibatannya pada program pembangunan sekolah. Demikian pula tingkat partisipasi masyarakat berdasarkan Hoofsteede berada pada tingkatan partisipasi inisiasi, dimana masyarakat tidak hanya sebagai objek pembangunan saja tetapi sudah dapat menentukan dan mengusulkan segala sesuatu rencana yang akan dilaksanakan. Sedangkan bentuk konstribusi masyarakat dalam berpartisipasi lebih pada sumbangan tenaga dan material dibanding sumbangan dalam bentuk uang, hal tersebut dipengaruhi oleh tingkat pendapatan masyarakat yang rendah sehingga masyarakat bekerja sebagai tenaga bangunan untuk mendapatkan intensif serta pemahaman masyarakat tentang besarnya anggaran pembangunan sekolah. Adapun faktor-faktor yang mendorong masyarakat untuk berpartisipasi dimulai dengan adanya motivasi yang timbul dari kesadaran masyarakat untuk melakukan perubahan dan terlepas dari permasalahan mengenyam layanan pendidikan serta peran pemerintah dalam memberikan stimulan serta pemahaman masyarakat akan manfaat program yang akan mengatasi kebutuhan masyarakat. Selain itu juga tidak terlepas dari faktor pengorganisasian atau faktor komunitas masyarakat dalam hal ini panitia pembangunan unit sekolah baru (USB) SMA 1 Konda.
The blockgrant program for the construction of new school unit of high school is one of the programs employing the mechanism of community participation in providing school facilities and infrastructures in remote areas having no high school education facilities and improving the development of human resources through education and mutual responsibility between government, community and parents. This research aims at finding out the process of community participation regarding their form and level of participation in construction school unit of high schools through blockgrant program and describing several factors motivating them to participate. It employs the approach of descriptive-qualitative method by analyzing data quantitatively and qualitatively and then verifying using some theories or concepts. It applies instruments of interview, questionnaires and documentation by means of purposive sampling method. It takes place in Konda Subdistric, South Konawe Regency, Southeast Sulawesi Province. Based on the theories or concept verification and some indicators discovered in the field, it shows that community participation level considering the Arnstein’s participation level belongs to the category of “citizen powerâ€, as indicated in cooperation, direction and control performed by community involved in the school construction program. In addition, based on Hoofsteede, community participation level belongs to the initiative participation level, in which community is not only the object of the development, but they determine and propose any arrangements they will accomplish. Meanwhile, community contribute on labors and materials rather than donation in the form of money regarding their low income that they work as the construction workers to earn incentives, and community ‘s understanding on the amount of school construction budget. In addition, factors motivating community to participate are initiated by motivation emerging from community awareness to transform and resolve the problems to have the benefit of education service, government’s role in providing stimulant and community’s understanding of the advantage of the program that will meet the community’s needs. Besides, organizational factor, in this case is the construction committee of new school unit of SMA I Konda, is of great significance.
Kata Kunci : Partisipasi masyarakat,Blockgrant,SMA, Community Participation, BloockGrant, SMA