Laporkan Masalah

Penerapan blue ocean strategy pada kartu kredit Mandiri Golf Card PT Bank Mandiri Tbk (Persero) dalam menghadapi persaingan kartu kredit

SYAHRIL, Djunaidi, Agus Setiawan, Dr., M.Soc.Sc

2009 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Penelitian ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran dan masukan kepada perusahaan bagaimana menciptakan nasabah kartu kredit yang loyal sehingga nasabah akan sering menggunakan kartunya dalam bertransaksi. Salah satu strategy yang dilakukan adalah dengan menerapkan “Blue Ocean Strategy”. Strategi Samudera Biru bertujuan menciptakan ruang pasar yang belum ada pesaingnya, sehingga kompetisi menjadi tidak relevan dan perusahaan dapat memaksimalkan kesempatan sekaligus meminimalisasi risiko. Batu pijak strategi samudera biru adalah inovasi nilai. inovasi nilai akan memberikan penekanan yang setara pada nilai dan inovasi. inovasi nilai terjadi hanya ketika perusahaan memadukan inovasi dengan utilitas (manfaat), harga dan posisi biaya. Dalam penerapan Blue Ocean Strategy, Bank Mandiri telah mengeluarkan kartu kredit Golf Card yang ditujukan khusus kepada pecinta golf, dan ini tidak dilakukan oleh bank pesaing penerbit kartu kredit.

The purpose of this research is to give bright explanation and recommendation to companies how to create loyal credit card customer that will use the card in their transaction. One of the strategy that will be conducted is by implementing “Blue Ocean Strategy”. “Blue Ocean Strategy” purpose is to create new market segment which doesn't have competitor, thus the competition becomes unrelevant and the companies can maximize their opportunity and minimize the risk. Blue Ocean Strategy stepping stone is the values innovation. Values innovation will give equal impact on values and innovation. Values innovation only happened when the companies combine the innovation and utility (benefit), price and cost position. In Blue Ocean Strategy implementation, Bank Mandiri has issued Mandiri Golf Card Credit card specifically for the golf lover, and this is not created by the other credit card issuer competitor banks.

Kata Kunci : Blue ocean strategy,Nasabah loyal,Inovasi nilai, Blue Ocean Strategy, Loyal customer, Values innovation


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.