Analisis strategi bersaing PT Merck, Sharp dan Dohme Indonesia untuk mendukung pertumbuhan vaksin pencegah kanker leher rahim (gardasil)
SUSPITA, Rini Maya, Harsono, Dr., M.Sc
2009 | Tesis | S2 Magister ManajemenIndonesia, dengan penduduk lebih dari 210 juta jiwa, merupakan pasar yang sangat menarik, khususnya dalam pemasaran produk-produk farmasi. Pada tahun 2008, harmonisasi pasar bebas ASEAN dalam dunia farmasi mulai diimplementasikan. Kebutuhan obat-obatan semakin meningkat, sementara itu persaingan dengan industri farmasi dari luar negeri kian ketat. Inilah peluang sekaligus tantangan yang dihadapi oleh industri farmasi pada masa kini. Pasar vaksin di Indonesia mengalami pertumbuhan yang pesat pada beberapa tahun belakangan ini, hal ini dipengaruhi oleh semakin meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan sehingga mereka cenderung untuk melakukan tindakan pencegahan daripada pengobatan. Salah satu bentuk pencegahan yang umum dilakukan adalah melalui vaksinasi. PT Merck, Sharp & Dohme Indonesia sudah dikenal sebagai salah satu perusahaan yang memproduksi berbagai jenis vaksin di Indonesia. Salah satu vaksin terbaru dari PT MSDI adalah Gardasil® yaitu vaksin pencegah kanker leher rahim. Gardasil® merupakan produk vaksin yang memiliki peluang bisnis yang menguntungkan di masa depan, mengingat prevalensi kanker leher rahim yang tinggi di Indonesia pada beberapa tahun belakangan ini dan porsi jumlah penduduk wanita yang lebih banyak dibandingkan dengan pria membuat peluang Gardasil® terbuka lebar ke depan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor eksternal dan internal PT MSDI didalam persaingan pemasaran obat-obatan ethical di Indonesia khususnya pada pemasaran vaksin Gardasil®, dari hasil analisis ini ditemukan bahwa strategi bersaing yang efektif bagi PT MSDI untuk dapat menjadi pemimpin pasar bagi produk vaksin Gardasil® di Indonesia adalah melalui strategi diferensiasi produk, pengembangan pasar dan aliansi strategis
Indonesia, with more than 210 million people is an attractive market especially for pharmaceutical product. In 2008, ASEAN free trade harmonization was implemented therefore the need of medicine will increase and foreign pharmaceutical market competition will be tighter than before. It can be an opportunity and challenge for all players in this industry. Indonesia vaccine market has growth significantly for the last few years, this influenced by the improvement of society awareness of preventive of the disease instead of curative. One of preventive action is by vaccination. PT Merck, Sharp & Dohme Indonesia has been well known as one of multinational pharmaceutical company which produces broad range of vaccine product in Indonesia. One of the blockbuster vaccine from PT MSDI is cervical cancer disease vaccine with brand name Gardasil® Gardasil® is a potential vaccine for the future because the prevalence of cervical cancer disease is high in Indonesia for the last few years and woman population is larger than man in Indonesia. The objective of this research is to analyze external and internal factors of PT MSDI in the competition of ethical medicine product in Indonesia especially for Gardasil® market. Based on the analysis found that the effective competitive strategy which suitable to implement in Indonesia is product differentiation, market development and strategic alliances.
Kata Kunci : Strategi bersaing,Industri farmasi,Vaksin,Kanker leher rahim, competitive strategy, pharmaceutical industri, vaccine, cervical cancer