Analyzing the blue ocean strategy of Amanjiwo :: An application of value innovation perspective
ARYAGUNA, Larry, Hani Handoko, Dr. MBA
2009 | Tesis | S2 Magister ManajemenSaat ini kompetisi di dunia usaha semakin sulit dan agresif daripada sebelumnya. Setiap perusahaan berusaha melampaui pesaing-pesaingnya. Beberapa dari mereka mencoba dengan cara menyediakan barang atau jasa dengan lebih baik dari pesaingnya, sementara itu yang lain berusaha mendapatkan pelanggan dengan menurunkan harga. Hal ini akan berakibat dengan merosotnya laba perusahaan. Sekarang ini kita mengenal strategi yang disebut strategy samudera biru yang diciptakan oleh Kim dan Mauborgne. Strategi ini menciptakan terobosan di strategi organisasi dengan tidak berkompetisi di daerah dimana sebuah kompetisi sedang berlangsung. Jadi, dapat dikatakan bahwa strategi ini mengejar nilai yang berbeda dari perusahaan yang lain. Oleh karena itu, kompetisi yang ada menjadi tidak relevan. Industri pariwisata di Indonesia berkembang pesat akhir-akhir ini. Pertumbuhan industri pariwisata ini membawa prospek yang bagus bagi industri perhotelan. Jumlah hotel meningkat tajam. Akan tetapi dengan jumlah hotel yang banyak yang beroperasi di Indonesia, kompetisi di dunia perhotelan menjadi sulit. Para manajer berusaha berpikir bagaimana mereka seharusnya menghadapi masalah ini Amanjiwo adalah sebuah hotel yang terletak di daerah Borobudur, Jawa Tengah. Dengan harganya yang sangat tinggi untuk ukuran hotel di Indonesia, hotel ini masih dapat memperoleh pelanggan. Tidak hanya itu, hotel ini juga dapat memperoleh keuntungan yang cukup besar. Pembahasan di penelitian ini berusaha menjelaskan nilainilai yang ditawarkan oleh hotel ini dengan menggunakan kerangka dan analisis dari prinsip strategi samudera biru.
Competition in business world has become more difficult and aggressive than before. Every company tries to outcompete their rivals. Some of them try to provide products or services better than the rivals while others try to win the customers by reducing price. The result of this strategy is the shrinking profit margin. Recently, there was a strategy called Blue Ocean strategy which is proposed by Kim and Mauborgne. This strategy creates breakhthrough in organization strategy by not competing the competitors head on. So it can be said that the strategy pursues different values than the others. Hence, the competition becomes irrelevant. Currently, the tourism industry in Indonesia is growing fast. The growth in tourism industry also bring good prospect for hotel industry. The number of hotels increases tremendously. However, with many hotels operated in Indonesia, the competition in hotel industry in Indonesia becomes fiercer. Managers of these hotels should think how they should make a good strategy to overcome it. Amanjiwo is a hotel located in Borobudur Temple area in Central Java. With its price which is very high for Indonesian hotels, this hotel can still gain customers. Not only that, this hotel can also gain profitable income. The research attempts to elaborate what the values are offered by this hotel by using the framework and analysis of Blue Ocean Strategy principle.
Kata Kunci : blue ocean strategy, value innovation, strategy canvas, value curve