Laporkan Masalah

Evaluasi persaingan Samudera Shipping Line, Ltd Jakarta untuk rute ekspor Jakarta-Singapore

DALIMUNTHE, Majah Andriansyah, Harsono, Dr. M.Sc

2009 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Samudera Shipping Line, Ltd (SSL) adalah anak perusahaan PT. Samudera Indonesia Group, Tbk yang berkedudukan di Singapore, dalam periode 2005-2008, volume ekspor COC-SSL dari Jakarta ke Singapore tidak pernah mencapai alokasi budget. Hal ini menjadi kendala terhadap penilaian performansi COC-SSL Jakarta. Tidak tercapainya target budget disebabkan semakin tajamnya persaingan di antara perusahaan pelayaran. Sehingga penulis menggangkat permasalahan ini untuk dianalisa secara lebih dalam dengan mengambil judul : Evaluasi Persaingan Samudera Shipping Line, Ltd Jakarta Untuk Rute Ekspor Jakarta-Singapore. Penelitian bertujuan (1) Mengindentifikasi dan menganalisa permasalahan mendasar yang dihadapi COCSamudera Shipping Line, Ltd Jakarta untuk meningkatkan volume ekspor di rute Jakarta- Singapore, dan (2) Menyusun formulasi strategi bersaing yang sesuai bagi COCSamudera Shipping Line, Ltd Jakarta untuk meningkatkan volume ekspor dan mengembangkan pelanggan di rute Jakarta-Singapore. Penelitian menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan menggunakan analisa lingkungan makro, analisa industri (five force framework) dan analisa persaingan, dengan mengumpulkan data dalam periode Maret-Juni 2008. Berdasarkan hasil analisa, menunjukkan empat dari lima unsur persaingan (Five forces framework) diidentifikasi berkarakteristik pada level tinggi. Empat unsur tersebut adalah ancaman pelaku baru tinggi akibat rendahnya batasan masuk, pemasok dan pembeli dengan posisi yang kuat, serta persaingan tajam antar perusahaan. Sedangkan unsur ancaman produk pengganti memilki karakteristik rendah. Berdasarkan hasil analisa di atas, diketahui bahwa industri COC rute Jakarta-Singapore termasuk sebagai industri yang tidak menarik. Agar COC-SSL dapat mamperbaiki performansinya, perlu melakukan evaluasi terhadap strategi bersaing dengan identifikasi kelemahankelemahan : (1) Lemahnya daya saing rate SSL dibanding pesaing terdekat, (2) Kurang fokusnya tim sales kepada pelanggan-pelanggan tipe MNC/Bidding dan (3) Kurang melakukan pembedaan pelayanan (product differentiation). Formulasi strategi yang harus diambil SSL untuk memperkuat produk adalah melakukan perluasan service coverage dan mempertimbangakan pengadaaan kapal milik sendiri agar mendapatkan struktur biaya yang lebih baik. Selain itu SSL harus mulai melakukan pengendalian terhadap masalah-masalah pelayanan agar dalam jangka panjang pelanggan dapat mengidentifikasi faktor pelayanan sebagai faktor pembeda SSL (product differentiation). COC-SSL perlu melakukan aliansi strategis dengan perusahaan logistik yang memiliki pengalaman dan reputasi baik dengan service coverage luas. Melalui langkah ini, SSL akan mendapatkan keuntungan untuk memperkuat tingkat layanan, kepuasan pelanggan, service coverage yang lebih luas, mendapatkan struktur biaya lebih efisien dan mendapatkan tambahan profit diluar freight. Melalui strategi tersebut, pelanggan akan mengidentifikasi pelayanan SSL sebagai faktor pembeda terhadap perusahaan lain. Sehingga pelanggan akan mempertimbangkan faktor pelayanan dalam menentukan perusahaan pelayaran, tidak semata faktor harga.

Samudera Shipping Line, Ltd (SSL) is a subsidiary of PT. Samudera Indonesia Group, Tbk established at Singapore, which in period 2005-2008, export volume COC-SSL for service route from Jakarta to Singapore do not achieve its budget allocation. It impact to performance assessment of COC-SSL Jakarta. The unachieved budget caused by a fierce competition among shipping companies. Therefore, writer intends to arise this problem to be analyzed further by taking a title: The Evaluation of Samudera Shipping Line, Ltd Jakarta’s Competition for Export Route Jakarta-Singapore. The research have objectives (1) Identifying and analyzing the main problems that COCSSL faced to increase their export volume in service route Jakarta-Singapore, and (2) Formulating a strategic competition that fit to COC-SSL Jakarta to increase export volume and develop new customers in service route Jakarta-Singapore. The research is using a study case research method by utilizing Macro environment analysis, industry analysis (five force framework) and competition analysis, which data collected in period March-June 2008. Based on result of analysis, it identifies a four from five competition elements (five force framework) which show in high level characteristics. The four elements are : threat of new players is high due to a low of entry barriers, suppliers and buyers have a high bargaining power, and fierce competition among the players. The rest an one of the element shows that product substitution has a low bargaining power. Based on above analysis, it show that industry of COC in service route Jakarta-Singapor is categorized as not an attractive industry. In order to fix its performance, COC-SSL Jakarta needs to evaluate its competitive strategies by identifying the weaknesses: (1) Weaknesses of rate competitiveness with its closed competitor, (2) Sales team do not focus in participating MNC/Bidding accounts, (3) Product differentiation is weak. The strategy formulation should be taken by COC-SSL Jakarta is to strength its product by widening service coverage and considering to have own vessels in order to get a better cost structure. COC-SSL Jakarta also has to start control to any service problems in order customers can identify what is COC-SSL’s product differentiation among shipping companies as a midterm target. COC-SSL Jakarta has to build a strategic alliance with logistic company has good reputation and experiences with wide service coverages. By this way, SSL would get advantages in strengthening its level of service qualities, customer satisfaction, wider a service coverage, more efficient of its cost structure and get more profit beyond the freight revenues. Futher, customers will identify to this COC-SSL’s service level as product differentiation among the companies. Therefore, customer will consider using this such product differentiation to chose shipping company instead of rate.

Kata Kunci : Shipping,Analissi industri,Five force framework,Strategi bersaing, Shipping, Industry Analysis, Five Force Framework, Competitive Strategies


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.