Strategi pemasaran susu kambing PE di Kabupaten Sleman
PRADITA, Danny Setya, Prof. Dr. Ir. Dwidjono Hadi Darwanto, MS
2009 | Tesis | S2 Magister Manajemen AgribisnisPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi posisi peternak, pengolah dan pedagang serta strategi apa yang harus dijalankan dan mengidentifikasi peluang peningkatan pendapatan melalui kombinasi usaha yang optimal. Penelitian ini dilakukan pada Kelompok Tani Ternak Mandiri, Turi, Girikerto, Sleman Yogyakarta. Metode dasar penelitian adalah metode deskriptive analitis. Data yang digunakan dalam penelitian ini mencakup data primer dan sekunder yang dikumpulkan dengan wawancara, pengamatan, dan pecatatan. Metode analisis lingkungan eksternal dan internal menggunakan analisis SWOT untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman yang dihadapi oleh kelompok tani Mandiri. Hasil analisis SWOT dapat menunjukkan posisi peternak, pengolah, dan pedagang sehingga dapat ditentukan strategi pemasaran yang dilakukan dimasa mendatang. Metode analisis LP untuk mengetahui kombinasi usaha yang optimal. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh pengolah dan pedagang di kelompok tani ternak Mandiri masih relevan dengan kondisi pasar dengan posisi terletak pada kuadran pertama dan skor kekuatan-kelemahan sebesar 2,27(pengolah) dan 1,82( pedagang) dan peluang-ancaman sebesar 3,98(pengolah) dan 2,06(pedagang). dengan demikian dapat diupayakan agar pengolah dan pedagang memperkuat lingkungan internal denga kebijakan mendukung pertumbuhan agresif. strategi yang digunakan oleh peternak dengan posisi terletak pada kuadran kedua dan skor kekuatan-kelemahan 1,36 dan peluang-ancaman sebesar -0,10. Dengan demikian diupayakan agar peternak memanfaatkan peluang. Beberapa hal yang dapat dilakukan agar strategi pemasaran maksimal yaitu mempertahankan ketersediaan bahan baku dan pakan, meningkatkan peran penyuluhan, meningkatkan peran pos kesehatan, meningkatkan kualitas kemasan, meningkatkan pengawasan mutu dan mengendalikan kualitas produk. Hasil penelitian dengan LP menunjukkan kombinasi antara kerupuk susu dan susu segar yang menghasilkan pendapatan sebesar Rp 830.150
This research were aimed to identity breeders, milk processing and traders position, determine conducted strategy, and identify the opportunity of earnings improvement through work combination optimizing. Group of Mandiri farmers in Turi, Girikerto, Sleman Yogyakarta was conducted in this research. Descriptive analysis method was the basic method of this research. Questionnaire, interview, and recording were used as primary and secondary data. SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, and Threat) was used as data analysis method, in order to identify company internal (Strength & Weakness) and external environmental (Opportunity & Threat) factors faced by Group of Mandiri farmers. The precise marketing strategy in the future can be determined from this analysis result. Furthermore, LP analysis method was used to recognize work combination optimizing. Analysis result showed that Group of Mandiri farmers strategy still relevant to be implemented in current market condition, and resides in first quadrant with score of 2,27 (milk processing) and 1,82(traders) in strength-weakness factors, and 3,98 (milk processing) and 2,06(retail) in opportunity-threat factors. There by milk processing and traders should strengthening its internal environmental factors by implementing aggressive growth (growth oriented) strategy. On the other hand, breeders should take the advantage of the opportunity because its reside in second quadrant with score of 1,36 on strength-weakness and -0,10 on opportunity-threat. Were several action that can be conducted to optimize its marketing strategy. Maintain availability materials and feed, Counseling role, The role of health posts, packaging quality, quality control, and product quality. Linier Programming analysis result showed that milk crackers and fresh milk combination gain 830.150 earnings.
Kata Kunci : Analisis SWOT,Strategi pemasaran,Linier programming, SWOT analysis, Marketing Strategic, Linier Programming