Laporkan Masalah

Strategi pemasaran PT. Batik Plentong Yogyakarta

SETYOWATI, Lilies, Dr. Ir. Jangkung Handoyo Mulyo, M.Ec

2009 | Tesis | S2 Magister Manajemen Agribisnis

Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang di hadapi PT Batik Plentong Yogyakarta. Penelitian ini juga untuk mengevaluasi dan merumuskan implementasi strategi pemasaran yang terbaik bagi PT Batik Plentong Yogyakarta, untuk menghadapi persaingan dan perubahan lingkungan eksternal. Evaluasi strategi pemasaran pada PT Batik Plentong Yogyakarta dilakukan dengan metode analisis diskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi literatur. Metode analisis data menggunakan model analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Oportunities, dan Threats), yang dipakai untuk mengidentifikasi faktor lingkungan internal (kekuatan & kelemahan) dan faktor lingkungan eksternal (peluang & ancaman) perusahaan, analisis BCG (Boston Consulting Group) yang dipakai untuk mengetahui posisi pangsa pasar perusahaan dan GE (General Electric) dipakai untuk mengidentifikasi faktor daya tarik industri dan faktor kekuatan bisnis perusahaan. Sebelumnya, dilakukan uji validitas dan uji realibilitas untuk menentukan apakah data termasuk valid dan reliabel. Hasil analisis kemudian digambarkan dalam kuadran SWOT, BCG dan GE dan diinterprestasikan pada matriks SWOT, BCG dan GE sehingga bisa diperlihatkan posisi dan arah perkembangan perusahaan dan alternatif strategi yang bisa dijalankan. Berdasarkan hasil analisis SWOT terlihat bahwa PT Batik Plentong Yogyakarta berada pada kuadran I (pertama) dengan wilayah peluang lebih besar dengan kekuatan, sehingga perusahaan harus bisa memanfaatkan peluang tersebut dengan menggunakan kekuatan yang ada. Sehingga perusahaan sebaiknya menerapkan strategi pertumbuhan agresif (Growth Oriented Strategy) agar dapat tetap mempertahankan persaingan yang ada. Berdasarkan hasil analisis BCG terlihat bahwa PT Batik Plentong Yogyakarta berada pada posisi question marks yaitu mempunyai pangsa pasar yang relatif rendah dan bersaing dengan pasar industri pada pertumbuhan yang tinggi. Berdasarkan hasil analisis GE matrik terlihat bahwa PT Batik Plentong Yogyakarta berada pada posisi ke III (medium), sehingga memiliki peluang untuk berkembang lebih baik lagi.

This research were aimed to indentify and analyze Plentong Batik Co. (Ltd) Yogyakarta strength, weakness, oportunity and threat factors. It's also aimed to evaluate and formulate the precise marketing strategy which compatible with Plentong Batik Co. (Ltd) Yogyakarta circumstance, in order to facing the competition and environmental changes. Plentong Batik Co. (Ltd) Yogyakarta marketing strategy evaluation was conducted through descriptive analysis method. Questionnaire, interview, observation, and literature study were used as the data collection methods. SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, and Threat), BCG, and GE were used as data analysis method. SWOT analysis was used identify company internal (Strength & Weakness) and external environmental (Opportunity & Threat) factors. On the other hand, BCG was used to recognize corporate market compartment position, while GE was used to identify industrial affinity factor and force factor carries on business firm. Before identification, reliability and validity test was conducted to determine whether the data were valid and reliable. The results of the analysis were described in the SWOT, BCG and GE quadrant and then interpreted on the SWOT, BCG and GE Matrix, so that company position and direction for applicable alternative strategies are able to elaborate. Based on SWOT analysis result, it shows that Plentong Batik Co. (Ltd) position is in Quadrant I, which means it's opportunity area is greater than strength area. Consequently, the company should use it's strengths to take the opportunities. This research suggest that the company should apply the Growth Oriented Strategy to maintain its position in the competition. Based on BCG analysis result, Plentong Batik Co. (Ltd) reside in question marks position which have relative low market compartment and competing in tall growth industrial market. On the other hand, Plentong Batik Co (Ltd) resides in III (medium) position, based on GE analysis result, and it means that the firm has opportunity to expand.

Kata Kunci : Strategi pemasaran,Analisis SWOT,BCG dan GE, marketing strategy, SWOT, BCG and GE analysis


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.