Studi kualitas pelayanan puskesmas di Kecamatan Banawa Selatan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah
RANI, Yustika, Drs. Cornelis Lay, MA
2009 | Tesis | S2 Ilmu PolitikPuskesmas merupakan unit pelaksana di wilayah kecamatan yang melaksanakan tugas-tugas operasional pembangunan dan kesehatan di tingkat wilayah kecamatan. Pembangunan puskesmas di tiap kecamatan memiliki peran yang sangat penting dalam memelihara kesehatan masyarakat. Demikian halnya dengan pelayanan kesehatan di Kecamatan Banawa Selatan, dengan adanya Puskermas Lembasada, dan dengan berbagai masalah yang ada, masih banyak sekali aspek-aspek pelayanan yang harus disikapi dengan evaluasi dan perbaikan, terutama dengan kualitas pelayanan. Puskesmas Lembasada sebagai unit pelayanan kesehatan yang terinstitusional mempunyai kewenangan yang besar dalam mencipta inovasi model pelayanan kesehatan di area basis. Penelitian terhadap kualitas pelayanan puskesmas ini difokuskan pada tingkat kualitas pelayanan kesehatan, sebagai bentuk penilaian terhadap kualitas kinerja yang disediakan oleh pemerintah. Untuk mendapatkan dan mencapai kualitas pelayanan yang baik, dibutuhkan komitmen dan kemampuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dengan melakukan revitalisasi sistem kesehatan dasar dengan memperluas jaringan yang efektif dan efisien di Puskesmas, peningkatan jumlah dan kualitas tenaga kesehatan, penetapan standar pelayanan kesehatan minimum untuk kinerja sistem kesehatan yang komprehensif, serta memperbaiki sistem informasi pada semua tingkatan pemerintah Sedangkan kualitas pelayanan, dipengaruhi oleh beberapa faktor dalam manajemen internal, antara lain Tangibles, Reliability, Competence, Courtesy, Credibility, Security, Access, Communications, Understanding the Costumer, dan Akuntabilitas (Accountability). Metodelogi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif explanative, dengan pendalaman survey, dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisa kejadian-kejadian yang telah ada sebagai bahan acuan analisa dan evaluasi. Kualitas pelayanan Puskesmas Lembasada dirasakan sudah baik oleh masyarakat pengguna jasa peyanan ini. Faktor-faktor yang mendukung tersebut diidentifikasi dengan adanya manajemen yang cukup baik dan jumlah petugas pelayanan yang cukup, meskipun untuk mencapai hasil maksimal, jumlah dan kualitas petugas masih harus ditingkatkan lagi. Aspek infrastruktur juga dirasakan telah cukup baik, mengingat peran dan kapasitas Dinas Kesehatan berpengaruh pada kontrol dan bantuan kepada Puskesma tersebut.
Community Health Center (CHR) is an executing unit in sub-district level carring out tasks of development and health implementation. CHR development in each sub-district has an important role in maintaining public health. In Lembasada CHR of South Banawa sub-district, many problems should first be overcome by evaluating and improving service quality and performance. Lembasada CHR as an institutionalized health service unit has a lange authority in creating health service innovative model in the basis area. Research on the quality of CHR service focuses on the level of quality of health service, as a form of evaluation to performance quality provided by government. To obtain and achieve good quality of service, it requires commitment and competence to improve the quality healt service by revitalizing basic health sytem through expanding effective and efficient network in CHR, increasing the number and quality of medical staff, determining minimum health service standard for comprehensive performance of health system, and improving information system in all governmental levels. Service quality is determined by several factors in the internal management, such as tangibility, reliability, competence, courtesy, credibility, security, acces, communications, understanding the customer and accountability. This research applies qualitive-explanative approach, along with the survey deepening, that aims at to find out and analyze the existing events as the reference of analysis and evaluation. The service quality of Lembasada CHR is considered good by people using the service. The supporting factors can be identified by good management and sufficient number of service staffs. Nevertheless, to achieve maximum result, quality of the staff should be enhanced. Infrastructure aspect is also considered good, regarding the role and capacity of health agency influencing the control and aids to the Community Health Center.
Kata Kunci : Puskesmas,Kualitas layanan kesehatan,Inovasi model pelayanan