Penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001 : 2000 pada Puskesmas Depok II Kabupaten Sleman
ZALUKHU, Berkat Dedikasi, Dr. Ambar Widaningrum, MA
2009 | Tesis | S2 Magister Administrasi PublikPuskesmas Depok II sebagai UPTD Kabupaten Sleman dalam bidang pelayanan kesehatan dasar dituntut untuk mampu bersaing dengan berbagai lembaga kesehatan swasta lainnya. Apalagi selama ini masyarakat cenderung memandang puskesmas sebelah mata dan menganggap puskesmas sebagai sarana kesehatan kelas menengah ke bawah. Untuk menghadapi hal ini, Puskesmas Depok II melakukan berbagai upaya yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat, salah satu diantaranya adalah dengan menerapkan sistem manjemen mutu ISO 9001:2000. Bertitik tolak dari hal tersebut, penelitian ini berupaya untuk mengetahui bagaimana penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2000 pada Puskesmas Depok II Kabupaten Sleman. Selain itu juga untuk mengetahui faktorfaktor apa saja yang mempengaruhi keberhasilan dalam penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2000 tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif, dimana peneliti hanya menjelaskan atau mendeskripsikan penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2000 dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keberhasilan dalam penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2000 pada Puskesmas Depok II Kabupaten Sleman. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan telaah dokumen dengan menggunakan analisa kualitatif. Temuan di lapangan disajikan dalam bentuk tulisan deskriptif analitis yang diharapkan dapat menjelaskan hal-hal yang dianggap penting yang dapat menjawab rumusan masalah yang telah dikemukakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2000 pada Puskesmas Depok II Kabupaten Sleman telah dilakukan dengan memenuhi prinsip-prinsip dasar yang diwajibkan dalam ISO 9001:2000 tersebut. Prinsip-prinsip tersebut diwujudkan dalam beberapa hal, diantaranya penyederhanaan prosedur pelayanan, sikap pimpinan dalam memotivasi pegawai, adanya keterlibatan pegawai dalam pengambilan keputusan, respon terhadap keluhan dan saran yang masuk dan pembuatan keputusan berdasarkan fakta. Keberhasilan penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2000 pada Puskesmas Depok II dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu standarisasi dan kejelasan tujuan, ketersediaan sumber daya dan komunikasi yang cukup baik dalam penyampaian informasi. Rekomendasi yang diajukan adalah menggali dan mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki yang dapat dilakukan dengan penambahan jumlah pegawai dan peningkatan kualitas pegawai yang telah ada melalui pendidikan dan pelatihan sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing. Selain itu pembenahan sarana dan prasarana juga harus dilakukan demi tercapainya pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang lebih baik.
Puskesmas Depok II as an UPTD of Sleman Regency in health service base is demanded to be able to compete with others private health institution. Where for all this time, society tends to see a local government clinic (puskesmas) aside and, further, they assume it as alow middle class health facility. To overcome this problem, Puskesmas Depok II has done many efforts that aimed to increase the quality of health service towards society, one of it is by implementing quality management system ISO 9001:2000. From that starting point, the research is purposed to know how the implementing of quality management system ISO 9001:2000 in Puskesmas Depok II at Sleman Regency is. And, it is to know the factors that give influence on sucsessness in implementing quality management system ISO 9001:2000. The method that is used in this research is qualitative descriptive method. Whereas, the research just describes or explains the implementing of quality management system ISO 9001:2000 and the factors that give influence on sucsessness and failureness in implementing quality management system ISO 9001:2000 in Puskesmas Depok II at Sleman Regency. The data collecting technique uses an interview, observation and document analysis by using qualitative analysis. The finding is served in descriptive analitic writing form. It is hoped to be able to explain the important things that can answer the problem formulation in previous. This research shows that the implementing quality management system ISO 9001:2000 in Puskesmas Depok II at Sleman Regency has been done better enough by fullfiling the base principles that is instructed in ISO 9001:2000. Those principles are presented into the simplication of service procedures, the leader attitudes in motivating staffs, the staffs participation in making decision, the responsiveness of customer complaints and customer feedback, and the decision making which based an facts. The successness of the implementation of ISO 9001:2000 in Puskesmas Depok II is affected by some factors which are standardization of the objectives, provision of resources, and good communication in providing information. To overcome this, there are some recommendations that is proposed, such as optimizing and digging up the resources that it has by adding the number of employee and increasing the quality of the employee by training and education as their skill, and, moreover, the restructurization of health service to the society to be better.
Kata Kunci : Puskesmas,Pelayanan kesehatan,Sistem manajemen mutu,ISO 9001:2000,Kualitas layanan kesehatan