Strategi promosi klinik spesialistik Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Trisakti Jakarta
DYASANTI, Diba, Drs. Ario Setra Setiadi, MM, CPM, Ph.D., Dip.M.Acin
2009 | Tesis | S2 Magister Manajemen Rumah SakitLatar belakang penelitian ini adalah belum optimalnya kegiatan pemasaran, serta belum adanya bagian pemasaran di manajemen RSGM terutama di Klinik Spesialistik pada tahun 2005-2007 sehingga menjadi salah satu penyebab terjadinya masalah penurunan jumlah kunjungan pasien di RSGM tersebut. Oleh karena itu peneliti melakukan analisa pada program promosi yang dilakukan di klinik spesialistik RSGM FKG USAKTI. Tujuan dari penelitian ini adalah diketahuinya kekuatan dan kelemahan dari kegiatan promosi di Klinik Spesialistik tahun 2005-2007 sehingga dari hasil penelitian ini peneliti dapat memberikan rekomendasi untuk program promosi di klinik spesialistik RSGM FKG USAKTI. Penelitian ini dilakukan dengan wawancara mendalam kepada pihak manajemen RSGM FKG USAKTI dan membagikan kuesioner kepada pasien yang datang ke klinik spesialistik. Untuk pengolahan data dilakukan secara kuantitif dan kualitatif, sedangkan untuk data kuesioner dikelompokkan secara persentase yang kemudian pengolahan data dihitung secara kuantitatif digunakan sebagai pendukung data kualitatif. Dari hasil penelitian yang diperoleh bahwa program promosi di Klinik Spesialistik sudah ada tapi belum diterapkan secara profesional sehingga tidak optimal, selain itu peneliti juga menemukan belum adanya anggaran biaya khusus untuk kegiatan pemasaran tiap tahunnya,serta tidak adanya bagian khusus pemasaran dalam manajemen RSGM yang melakukan kegiatan pemasaran. Program promosi Klinik Spesialistik sudah berjalan tapi masih terbatas pada leaflet dan pemasaran secara lisan. Hal ini tidak terlepas dari kaitannya dengan keterbatasan biaya dan kebijakan pemasaran yang ada di rumah sakit. Setelah di analisa melalui hasil wawancara mengenai program pemasaran dan promosi maka dapat diketahui Klinik Spesialistik memiliki segmen pasar sendiri, adapun kelemahannya belum adanya bagian pemasaran dan keterbatasan biaya untuk kegiatan pemasaran yang menyebabkan pemasaran di Klinik Spesialistik belum optimal. Ancamannya adalah banyaknya praktek-praktek dokter gigi pribadi disekitar RSGM FKG USAKTI, dan mempunyai peluang untuk meningkatkan kunjungan pasien bila jam buka klinik spesialistik ditambah hingga malam hari. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka Klinik Spesialistik serta pihak manajemen RSGM harus lebih aktif lagi dalam memasarkan produknya,mengingat Klinik Spesialistik memiliki potensi yang sangat besar, karena itu bagian pemasaran dalam manajemen ini sangat diperlukan agar dapat menyusun perencanaan pemasaran yang matang untuk dapat mencapai target yang diinginkan.
The researcher found out that throughout the year of 2005-2007, the numbers of patient visite the Dental Hospital of Faculty of Dentistry, University of Trisakti, especially Specialistic Clinic, is declined. The researcher suspects that it was caused by the promotion program that has not yet been optimized as well as nor marketing department in the RSGM management, among others. Those facts, among others. Those facts, among others, might decrease the amount of visiting patient. Therefore, the researcher is trying to analyze the promotion program conducted by the clinic. This research objective is to understanding the strength, weakness, threat and opportunity of the promotion program of the clinic. The results will give recommendations for the promotional program of the clinic. This research applies in-depth interview with the management of the clinic, and questionnaire filled by the visiting patients. This quantitative data will be categorized by the frequency (precentage), which will support the qualitative data. The result shows that the promotional program at the clinic have not yet implemented professionally, therefore causing it to be not so optimal. The research also finds that the management did not allocate the cost of the program in their annual budget. They have been running the promotion program, but still is limited on distributing leaflet, and verbal marketing: spreading the information from someone to another. This is the to lack of budget and marketing program of the hospital. The result of the interview on the marketing and promotional program shows that the clinic has its own segmented market. However, the weakness of the clinic is that there is no special marketing department within the management, and no sufficient bugdet which causes the marketing program of the clinic being not so optimal. Many private dental clinics available around the hospital may be a threat for the hospital, but also may create an opportunity for the hospital at the same time, in the sense of increasing the numbers of visiting patient—only if the clinic is open until the late hours. It is strongly recommended that the management has to be more strategic in promoting its product, considering that the clinic has the potential. Mostly, the management has to create a special marketing departement, whose task is developing and running a strategic marketing program in order to achieve their target in the future.
Kata Kunci : Pemasaran,Promosi,Kekuatan,Kelemahan,Ancaman,Peluang, Marketing,promotion,strength,weakness,threat,opportunity