Laporkan Masalah

Karakteristik kategori adopter dan preferensi sumber informasi dalam adopsi inovasi feed additive herbal untuk ayam pedaging

SARI, Ayu Intan, Dr. Ir. Suci Paramitasari Syahlani, MM

2009 | Tesis | S2 Ilmu Peternakan

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor-faktor karakteristik sosial ekonomi dan perilaku komunikasi peternak terhadap kecenderungan perbedaan kategori adopter dan terhadap preferensi sumber informasi, menganalisis pengaruh kategori adopter terhadap preferensi sumber informasi, serta menganalisis pengaruh persepsi peternak pada karakteristik inovasi terhadap kecenderungan perbedaan kategori adopter inovasi feed additive herbal untuk ayam pedaging. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai Oktober 2008, pada peternakan ayam pedaging di Wilayah Kabupaten Karanganyar, Sragen, dan Boyolali dengan metode dasar penelitian deskriptif analisis. Responden penelitian sebanyak 34 peternak dipilih dengan metode purposive convinience sampling. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif, analisis mann-whitney, dan analisis regresi binomial logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan karakteristik sosial ekonomi dan perilaku komunikasi peternak pada kategori adopter cepat dan lambat, yaitu pada variabel umur (p≤0,01), tingkat pendidikan formal (p≤0,01), tingkat kosmopolitan (p≤0,01), dan variabel pengalaman beternak (p≤0,05). Hasil uji regresi binomial logistik menunjukkan variabel umur dan tingkat pendidikan formal merupakan faktor karakteristik sosial ekonomi yang mempengaruhi perbedaan kategori adopter secara signifikan (p≤0,05), sedangkan variabel karakteristik inovasi yang terdiri dari variabel keuntungan relatif, kompleksitas, dan observabilitas berpengaruh secara signifikan (p≤0,05) pada perbedaan kategori adopter. Karakteristik peternak berpengaruh terhadap preferensi sumber informasi personal dan non personal, yaitu pada variabel umur, tingkat pendidikan formal, dan tingkat kosmopolitan berpengaruh signifikan (p≤0,05), sedangkan hasil uji pengaruh kategori adopter terhadap preferensi sumber informasi menunjukkan bahwa kategori adopter berpengaruh sangat signifikan (p≤0,01) terhadap preferensi sumber informasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kategori adopter cepat memiliki karakteristik sosial ekonomi berupa umur yang muda, tingkat pendidikan formal tinggi, pengalaman beternak yang lama, serta memiliki tingkat keaktifan dalam mencari informasi yang tinggi pula. Peternak yang masuk kategori adopter cepat memiliki preferensi yang tinggi terhadap sumber informasi non personal, serta memiliki persepsi yang tinggi terhadap karakteristik inovasi keuntungan relatif dan observabilitas serta memiliki persepsi yang rendah terhadap karakteristik inovasi kompleksitas

The aims of this research were to analyze the effect of social economic characteristics and communication behavior of the farmer on the probability of adopter category difference and on the preference of source of information, to analyze the effect of adopter category on the preference of source of information, and to analyze the effect of farmer’s perception of innovation characteristics on the probability of the difference of adopter innovation of herbal feed additive for broiler. This research was conducted from August to October 2008, in the broiler farm at Karanganyar, Sragen, and Boyolali by using research based method of descriptive analysis. The respondents of the research were 34 farmers selected by using purposive convenience sampling. The data were analyzed using descriptive analysis, mann-whitney analysis, and logistic binominal regression analysis. The result of the research showed that there were differences in social economic characteristics and communication behavior of the farmer between early and late adopter categories; they were age (p≤0.01), formal education level (p≤0.01), cosmopoliteness level (p≤0.01), and farming experience (p≤0.05). The result of logistic binominal regression test showed that age and formal education level were social economic characteristics factor influencing the difference of adopter category significantly (p≤0.05), while the innovation characteristics consisted of relative advantage, complexity, and observability had significant effect (p≤0.05) on the adopter category difference. The characteristics of farmers had effect on the preferences of personal and non personal information source, namely age, formal education level, and cosmopoliteness level, which had significant effect (p≤0.05). The result showed that the adopter category had very significant effect (p≤0.01) on the preference of information source. The conclusion of the research was that younger farmers, higher formal education level, longer experience, and higher level of active searching information seemed to have higher probability to become the early adopter. The farmers having higher preference of non personal information source and higher perception of innovation characteristics, relative advantage and observability, and lower perception of complexity innovation characteristic tended to be early adopter.

Kata Kunci : Kategori adopter,Sumber informasi,Adopsi,Feed additive herbal,Adopter category,Information source,Adoption,Herbal feed additive)


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.