Laporkan Masalah

Manajemen bisnis dan manajemen pertunjukan sendratari Ramayana Prambanan Yogyakarta tahun 2005-2008

SARI, Cahyani Tunggal, Prof. Dr. Timbul Haryono, M.Sc

2009 | Tesis | S2 Pengkajian Seni Pertunjukan dan Seni Rupa

Penelitian ini bertujuan mengungkap aspek bisnis dalam manajemen pertunjukan. Untuk itu tujuan penelitian ini diarahkan memusat pada pertunjukan Sendratari Ramayana Prambanan yang diselenggarakan di Panggung Terbuka dan Tertutup Candi Prambanan Yogyakarta tahun 2005 – 2008. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan multidisiplin yang memfokuskan pada kajian manajemen seni pertunjukan. Penelitian ini juga menggunakan teori-teori yang relevan seperti antropologi, sosiologi, ekonomi, dan etnokoreologi. Sample diambil dari kelompok seni dalam tiap panggung pertunjukan Ramayana, tahun pertunjukan, dan versi cerita. Dalam mengungkap aspek bisnis dan manajemen dilakukan wawancara kepada narasumber diantaranya karyawan Unit Teater dan Pentas dan studi kepustakaan dari data-data pertunjukan Sendratari Ramayana Prambanan di panggung terbuka dan tertutup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari segi bisnis, pertunjukan Sendratari Ramayana di panggung tertutup menghasilkan pendapatan yang lebih besar daripada panggung terbuka. Namun, dari perspektif lokasi, pertunjukan Sendratari Ramayana Prambanan di panggung terbuka bisa mampu menarik banyak penonton. Faktor pendukung di panggung terbuka dan tertutup menjadi kelemahan dan kelebihan. Manajemen seni dibutuhkan dalam strategi pengelolaan yang tepat sehingga pertunjukan Sendratari Ramayana masih dapat bertahan sampai sekarang dan menghasilkan keuntungan bagi semua pihak. Dalam kasus seperti ini, strategi pemasaran dan analisis pasar yang tepat menjadi jalan keluarnya.

The aim of this thesis is revealing and describing business aspect in the art performance management. That is why this thesis take Ramayana Ballet Prambanan that perform both in Open Air stage and Close stage (Trimurti Building) from 2005 to 2008 as the object. The method used in this research was qualitative research with multidiscipline approach that focuses on the art performance management. The research also used relevant theories such as anthropology, sociology, economics, and ethnochoreology. The samples were taken based on art organization on each stage of performance, year of performance, and story version. Revealing the business and management aspect was done by interviewing towards Unit Teater and Pentas staffs and reading literatures of Ramayana Ballet in Open Air stage and Trimurti stage. The results of the research showed that from business side, the Ramayana Ballet in Trimurti stage give higher income than Open Air stage. But, from location side, the Ramayana Ballet in Open Air stage can attract more audiences than Trimurti’s. The supporting factors in each stage become strengths and weaknesses for the whole Ramayana Ballet performance. Performing art management is needed in arranging the right management strategy so that Ramayana Ballet still exist until now and give profit to stakeholders. The right market analysis and marketing strategy will be the solution.

Kata Kunci : Sendratari Ramayana Prambanan,Manajemen pertunujukan,Manajemen bisnis,Pemasaran, Ramayana Ballet Prambanan, Performing Art management, business management, marketing


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.