Laporkan Masalah

Hubungan antara kepribadian dan pengetahuan tentang ADHD dengan strategi regulasi emosi pada ibu anak ADHD

WIDURI, Erlina Listyanti, Prof. Dr. M. Noor Rochman Hadjam

2009 | Tesis | S2 Magister Psikologi

Penelitian ini bertujuan untuk menguji model tentang strategi regulasi emosi pada ibu yang memiliki anak ADHD, yaitu apakah kepribadian dan pengetahuan ADHD berperan terhadap strategi regulasi emosi. Penelitian bersifat kuantitatif dan kualitatif. Uji analisis kuantitatif dilakukan menggunakan perangkat lunak AMOS 4.0 dan analisis kualitatif menggunakan teknik observasi dan wawancara. Jumlah subjek dalam penelitian ini ada 19 orang yang menjadi pasien di Bagian Tumbuh Kembang Anak RS Dr. Sardjito Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Melalui uji persamaan model struktural, model strategi regulasi emosi yang menggambarkan peran kepribadian dan pengetahuan ADHD diterima sebagai model yang layak (chi square=29,896; p> 0,05). (2) Hasil analisis hubungan langsung antara kepribadian dan strategi regulasi emosi menunjukkan bahwa peranan kepribadian terhadap strategi regulasi emosi tidak signifikan (? =-0,015 p>0,05). Hubungan langsung yang kedua adalah hubungan antara pengetahuan dengan strategi regulasi emosi. Hasil analisis menunjukkan bahwa peranan pengetahuan terhadap strategi regulasi emosi tidak signifikan (? =-0,625 p>0,05). Secara keseluruhan, model yang tersusun dapat menjelaskan strategi regulasi emosi sebesar 39,1%. Hasil analisis kualitatif menunjukkan bahwa kelompok dukungan dibutuhkan subjek untuk berbagi pengalaman dengan ibu-ibu lain yang memiliki anak ADHD.

This study was aimed to examine emotional regulation strategy model for the mother of ADHD children. Personality and Knowledge of ADHD were assumed to have a significant role to predict emotion regulation strategy. Quantitative analysis was conducted by AMOS 4.0. Qualitative analysis was conducted by integrate data which gained from observation and interview. The subject of this research were 19 mothers which their children were ADHD patient of Dr. Sardjito hospital in Yogyakarta. The result indicated that : (1) emotion regulation strategy model which hypothesis was fit (chi square=29,896; p>0,05), (2) Direct effect of personality to emotion regulation strategy was not significant (?=-0,015; p>0,05). Direct effect of knowledge of ADHD to emotion regulation strategy was not significant (?=-0,625; p>0,05). As a whole the constructed model is able to explain 39,1% of the emotion regulation strategy model. Qualitative analysis indicated that support group was needed by the subjects to share their problem with another.

Kata Kunci : Strategi regulasi emosi,Kepribadian dan pengetahuan tentang ADHD,Emotion regulation strategy, Personality, Knowledge of ADHD


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.