Laporkan Masalah

Respon estetik terhadap novel Baruang Ka Nu Ngarora dan Gogoda Ka Nu Ngarora

HUDAYAT, Asep Yusup, Prof. Dr. Rachmat Djoko Pradopo

2009 | Tesis | S2 Sastra

Laporan tesis ini berjudul “Respon Estetik terhadap Baruang ka nu Ngarora dan Gogoda ka nu Ngarora”. Penelitian ini bertujuan menelaah interaksi antara teks dengan pembaca yang menempatkan novel Gogoda ka nu Ngarora (GN) ‘Godaan bagi Muda-Mudi’ sebagai karya lanjutan sekaligus sebagai wujud respon atas novel Baruang ka nu Ngarora (BN) ‘Racun bagi Muda-Mudi’. Selain itu, penelitian ini pun bertujuan mengungkap fungsi novel GN terhadap BN. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah respon estetik Iser. Teori ini memusatkan perhatiannya pada bagaimana karya sastra berpengaruh kepada pembacanya dan menimbulkan sebuah respon. Repertoar, strategi, dan realisasi menjadi bagian penting teori ini. Bagian-bagian tersebut berguna untuk menunjukkan proses respon di dalamnya. Dengan menggunakan teori utama Respon Estetik dari Wolfgang Iser, hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) BN sebagai repertoar penciptaan GN, (2) kelas sosial dalam BN sebagai sarana afirmasi norma-norma keluhuran budi kaum menak (bangsawan), (3) kelas sosial dalam BN dinegasi dan dire-evaluasi oleh GN dari semangat feodal ke semangat demokrasi, (4) idealisasi GN terletak pada pernyataan bahwa keluhuran budi dan kehinaan adalah milik kelas sosial mana pun, (4) kesenjangan dan kekosongan GN ditunjukkan melalui identitas tokoh dan latar sosial-historis, dan (5) fungsi GN atas BN adalah sebagai karya penyeimbang atas sejumlah permasalahan kelas sosial.

The thesis entitled “An Aesthetic Response on Baruang ka nu Ngarora and Gogoda ka nu Ngarora” aims at studying the interactions occurred between the texts and the readers who place Gogoda ka nu Ngarora (GN) or ‘Temptations for the Youth’ as an advanced work which also serves as a form of response to Baruang ka nu Ngarora (BN) or ‘Poison for the Youth’ novel. Besides, the research also aims at discovering the functions of GN toward BN. The research employs Iser's Aesthetic Response theory. It focuses its interest on how literary works bring effects on its readers, which result in a response. Repertoire, strategy, and realization become important parts of this theory. These parts are useful to explain the process of response within. By using the primary theory of Aesthetic response from Wolfgang Iser, the research concludes that: (1) BN is a repertoire for the creation of GN, (2) Social classes as seen in BN are considered as means of affirming the norms of grandeur character of the aristocracy, (3) social classes found in BN are negated and reevaluated by GN from feudal into democratic spirit, (4) the idealization of GN lies on the statement that grandeur and disgraceful character may belong to any social classes, (5) the discrepancy and blankness of GN are shown through the characters' identity and the socio-historical background, and (6) GN in its relation with BN is having function as a balancing work for a number of social classes problems.

Kata Kunci : Interaksi,Kelas sosial,Respon estetik, interactions, social class, aesthetic response


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.